Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daihatsu Tingkatkan Ekspor Grand Max

Bisnis.com JAKARTA--PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merek Daihatsu, berencana menambah kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar ekspor Grand Max ke Jepang dan negara lain di Asia, rata-rata 30% dari total kapasitas pabriknya

Bisnis.com JAKARTA--PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merek Daihatsu, berencana menambah kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar ekspor Grand Max ke Jepang dan negara lain di Asia, rata-rata 30% dari total kapasitas pabriknya sekitar 10.000 unit per bulan.

Amelia Tjandra, Marketing Director Astra Daihatsu Motor, mengatakan permintaan mobil pikap dan minibus Gran Max serta multi pupose vehicle Luxio untuk pasar ekspor dan domestik cederung terus meningkat melampaui kapasitas produksi kendaraan tersebut.

"Mobil Gran Max dan Luxio merupakan kendaraan yang mesin dan chasisnya sama itu semakin diminati pasar ekspor dan domestik dengan permintaan terus meningkat, di atas kapasitas produksi mobil tersebut," katanya di Jakarta, Senin (29/7/2013).

 Menurutnya, total kapasitas produksi Gran Max dan Luxio mencapai 10.000 unit per bulan, sebagian besar mencapai 70% dialokasikan untuk memenuhi pasar domestik dan selebihnya 30% guna memenuhi kebutuhan ekspor ke Jepang dan sejumlah negara kawasan Asia.

 Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima Bisnis menyebutkan angka penjualan pikap Daihatsu Gran Max selama Januari-Juni 2013 mencapai 23.460 unit mengalami pertumbuhan 21,8% dari periode yang sama tahun lalu 19.260 unit.

 Selain pikap, Astra Daihatsu Motor juga memproduksi minibus Gran Max yang diklaim mendapat respon sangat positif dari pasar domestik dengan total penjualan selama smester I/2013 mencapai 7.633 unit dan disusul Luxio sebanyak 3.096 unit.

 Amelia mengatakan permintaan pasar sangat tinggi terhadap kendaraan komesial jenis pikap Gran Max karena berbagai keunggulan yang dimiliki mobil itu sesuai dengan harapan kalangan dunia usaha untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

 "Permintaan pasar Gran Max cukup tinggi di atas kapasias produksi kami, dan ini merupakan bukti kepercayaan konsumen terhadap Gran Max yang dikelasnya paling unggul," ujarnya.

Menurutnya, keunggulan yang dimiliki Gran Max antara lain pada kapasitas ruangnya terbesar di kelasnya, yang dibekali mesin teknologi terkini dengan power maksimal, serta efisien bahan bakar minyak sebagaimana Daihatsu Xenia.

 Selain itu, jaminan purna jual Gran Max dan Luxio yang mencakup antaran lain ketersediaan suku cadang dan teknisi profesional di semua diler dan bengkel Daihatsu yang tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

 "Bahkan penerimaan pasar yang baik di Jepang dan beberapa negara maju lainnya, semakin meyakinkan konsumen akan keunggulan Gran Max dan Luxio sebagai produk yang terjamin kualitasnya diakui secara global," tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper