Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOYOTA COROLLA 2014: Tampang Gahar, Irit Bahan Bakar

BISNIS.COM, JAKARTA—Toyota Motor Corporation akhirnya menyingkap rahasia All New Corolla versi produksi yang selama ini ditutup rapat-rapat.

BISNIS.COM, JAKARTA—Toyota Motor Corporation akhirnya menyingkap rahasia All New Corolla versi produksi yang selama ini ditutup rapat-rapat.

Modelnya ternyata tidak jauh berbeda dari Corolla Furia Concept yang dipamerkan di Detroit Auto Show 2013 awal tahun ini. Tentu saja, dengan sejumlah perubahan yang membuat penampilan Corolla edisi 2014 ini makin matang.

Berdasarkan gambar yang dirilis Toyota, sekilas Corolla anyar itu kental dengan desain Furia. Seperti mobil konsep itu, Corolla 2014 memiliki moncong dengan grill bawah yang besar dan intake tipis pada bagian atas, dipadukan dengan desain lampu utama seperti milik Camry. Kombinasi pada bagian depan ini membuat tampangnya seperti kucing garang, meskipun pada buritan terlihat tidak seagresif desain moncong.

Guratan desain Corolla 2014 tampak lebih tajam dan agresi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, sedan menengah ini diklaim lebih bersahabat dengan lingkungan, tetapi mesin 1.800 cc yang diusungnya mampu menghasilkan 140 tenaga kuda. 

Selain sudah mengadopsi generasi terbaru teknologi Variable Valve Timing injection (VVTi), mobil ini dibekali transmisi  continuously variable.

LE Eco merupakan varian paling efisien dari Corolla 2014. Gesekan putaran ban yang minim dan aerodinamika mutakhir membantu mobil ini mencapai efisiensi bahan bakar tinggi dengan emisi 40 mpg.

Corolla 2014 merupakan sedan kompak pertama yang dilengkapi fitur standar lampu LED low-beam. Mobil ini juga dilengkapi dengan Bluetooth untuk panggilan hands-free dan audio streaming.

Varian lainnya, Corolla S, tampak lebih sporty dan agresif. Varian ini dilengkapi dengan CVT, fitur mode perpindahan manual dengan 7 gigi virtual, tetapi transmisi manual juga tersedia. Model ini juga dilengkapi dengan mode Sport untuk mempertajam respons dan kecepatan kendaraan.

Semula model Corolla 2014 memiliki wheelbase 106,3 inci dengan overhang lebih pendek, seperti generasi saat ini. Namun, wheelbase ditingkatkan sejalan dengan penambahan panjang dan lebar kendaraan. Hasilnya, ruang kaki penumpang belakang ikut bertambah 3 inci.

Corolla 2014 ditopang roda ukuran 17 inci, tetapi suspensi sport yang kemungkinan akan membedakan varian S, L, LE dan LE Eco.

Dalam gambar rilis itu, interior Corolla 2014 tampak elegan dengan sistem infotainment layar sentuh. Mengenai harga, Toyota berencana merilis harga final dan rincian pilihan paket menjelang akhir tahun ini.

Bagaimana dengan rencana peluncurannya di Indonesia? Apakah sedan ini turut dipamerkan dalam ajang International Indonesia Motor Show 2013 pada September mendatang? Kita tunggu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper