Industri Modifikasi Indonesia Ukir Sejarah Baru lewat Indonesia Modification Expo 2018

Industri modifikasi otomotif Tanah Air memasuki babak baru dengan terselenggaranya Indonesia Modification Expo (IMX) 2018.
Yusran Yunus | 17 November 2018 12:45 WIB
(Dari kanan ke kiri) Pendiri dan Project Director IMX Andre Mulyadi, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto, dan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika sesaat setelah acara pembukaan Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11). - Bisnis/Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA -- Industri modifikasi otomotif Tanah Air memasuki babak baru dengan terselenggaranya Indonesia Modification Expo (IMX) 2018.

Flagship event milik National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) ini dibuka oleh Pendiri dan Project Director IMX Andre Mulyadi di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11/2018).

Turut menyaksikan pembukaan IMX 2018 yakni Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto dan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika.

"Kami senang akhirnya IMX 2018 bisa dibuka dengan lancar. Kami berharap acara ini bisa memenuhi harapan para pelaku di dalamnya dan bermanfaat untuk perkembangan modifikasi ke depannya. Dengan IMX kami yakin modifikasi dan aftermarket bakal menjadi industri yang menjanjikan,” kata Andre.

Dia menjelaskan IMX dibuat sebagai platform baru pameran modifikasi di Indonesia yang akan menjadi barometer perkembangan modifikasi Tanah Air. Karena itu, di pameran ini tidak hanya melibatkan para modifikator, tapi juga merek-merek aftermarket dalam dan luar negeri, pemegang merek mobil, serta komunitas.

"Hadir pula praktisi dari AS dan Jepang," tambah Andre.

Hari pertama penyelenggaraan IMX menjadi tempat diluncurkannya beberapa produk, kolaborasi, dan karya modifikasi yang siap dirilis ke pasaran. Di antaranya mobil modifikasi Toyota 86 “KARMA” berbalut body kit lokal hasil kolaborasi dengan desainer AS, kolaborasi Datsun Indonesia dengan lokal sneaker Saint Barkley dan gerakan Educate Yourself yang meluncurkan mobil modifikasi dan sneaker edisi  terbatas.

Kemudian, versi spesial kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes) yang berkolaborasi dengan industri modifikasi Indonesia. Ada pula penampilan pertama versi 1:1 karya pemenang Diecast Custom Competition Indonesia Diecast Expo serta mobil modifikasi Suzuki All-New Ertiga yang berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day.

Selanjutnya, penampilan perdana Daihatsu Xenia bermesin V8 MotoMobi, peluncuran global perdana per Eibach untuk Mitsubishi Xpander, dan peluncuran produk baru lampu Autovision yang bakal diberikan harga khusus IMX.

Lalu, air suspension management system buatan lokal dari Revolt.id dan Art Custom Works, lampu DRL Lazy Frame Concept Yoong Motor untuk Mitsubishi Xpander, serta paket big brake kit berbahan carbon ceramic A-Max pertama di Indonesia.

"Kami menjadikan IMX sebagai panggung bagi para pelaku modifikasi Indonesia untuk menampilkan produk, karya, dan jasa mereka ke publik. Bukan hanya ke dalam negeri tetapi juga luar negeri. Sehingga, pada akhirnya kita punya pameran modifikasi sendiri yang bisa mendukung modifikasi menjadi industri besar ke depannya," papar Andre.

Tag : modifikasi mobil, Pameran Otomotif
Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top