Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAN aFAS Raih Truck Innovation Award 2019

Meski gagal meraih International Truck of the Year (ITOY), MAN Truck & Bus berhasil memenangkan Truck Innovation Award for 2019 sebagai pengakuan atas truk keselamatan tanpa pengemudi otomatis tingkat 4 aFAS.
 Penampakan status sistem. Sensor visual mengawasi aktivitas dari titik pandang driver. /MAN TRUCKS
Penampakan status sistem. Sensor visual mengawasi aktivitas dari titik pandang driver. /MAN TRUCKS

Bisnis.com, HANNOVER - Meski gagal meraih International Truck of the Year (ITOY), MAN Truck & Bus berhasil memenangkan Truck Innovation Award for 2019 sebagai pengakuan atas truk tanpa pengemudi otomatis tingkat 4 aFAS.

Trofi diberikan oleh juri International Truck of the Year (IToY), yang melibatkan editor dan wartawan senior media besar kendaraan komersial dari Eropa dan Afrika Selatan.

Penghargaan baru mengakui perubahan teknologi besar yang dibuktikan dalam bidang kendaraan komersial. Penghargaan Inovasi Truk diserahkan kepada Joachim Drees, Chief Executive Officer MAN Truck & Bus, pada hari pers IAA Commercial Vehicle Show di Hanover, Jerman, Kamis (20/9/2018).

AFAS yang merupakan kependekan dari "automated driverless safety vehicle for jobs on Federal motorways" adalah solusi keamanan yang sangat inovatif yang dikembangkan oleh MAN selama 4 tahun, dengan dukungan dari Kementerian Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Energi dan dengan keterlibatan institusi teknis dan beberapa mitra pemasok komponen utama.

Dengan skor kemenangan 93 suara, MAN aFAS berjuang melawan persaingan dari Mercedes-Benz eActros, truk listrik Volvo FL/FE, truk listrik generasi kedua Renault EcoChamps DAF, dan ZF Truk Innovation Truck, seperti dikutip truck-of-the-year.com.

Calon nominasi Truck Innovation Award harus kendaraan teknologi canggih, dengan bobot kendaraan kotor di atas 3,5 ton. Ini harus memiliki fitur driveline alternatif - hibrida, range-extender hibrida, allelectric - atau memiliki sistem bahan bakar alternatif seperti LNG / CNG / hidrogen / sel bahan bakar. Atau, ia harus menampilkan solusi teknologi tinggi khusus ketika datang ke konektivitas - apakah sistem mengemudi semi otonom atau sepenuhnya, kemampuan peletonan, atau layanan dukungan lanjutan seperti diagnostik jarak jauh.

MAN aFAS Raih Truck Innovation Award 2019

Selama acara pers eksklusif baru-baru ini di Linz, Austria, anggota juri IToY diberi gambaran mendalam tentang proyek aFAS. Selanjutnya, juri memiliki kesempatan untuk menilai truk tanpa awak tingkat 4. Kendaraan yang sangat inovatif - MAN TGM 18.340 - secara otomatis mengikuti truk lain yang terlibat dalam pekerjaan pemeliharaan di jalan raya.

Jurnalis IToY terkesan mengetahui bahwa aFAS telah diuji, tanpa kecelakaan, di jalan umum yang mencakup lebih dari 4.000 km. Anggota juri juga berkomentar positif pada fakta bahwa aFAS dapat menyelamatkan nyawa, karena bergerak di jalan raya dapat menimbulkan risiko tinggi, karena tabrakan belakang serius yang sering terjadi. Selain itu, mereka memberi jempol untuk kemudahan pengoperasian, tingkat keamanan aktif yang tinggi, dan penggunaan komponen seri secara ekstensif. Selain itu, mereka mengatakan fakta bahwa ini adalah kendaraan tanpa pengemudi Level 4 pertama di jalan umum di Eropa.

Menyimpulkan suara juri, Ketua International Truck of the Year Gianenrico Griffini berkomentar, “Dengan proyek aFAS, MAN tidak hanya memberikan solusi yang efektif untuk melindungi situs konstruksi bergerak, tetapi juga telah mendapatkan wawasan penting untuk pengembangan teknis di masa mendatang sepenuhnya kendaraan penggerak otomatis."

MAN aFAS Raih Truck Innovation Award 2019

Sejumlah sensor ditopang oleh transmisi nirkabel dari informasi yang relevan antara kendaraan aktif dan kendaraan proteksi dampak./MAN TRUCK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper