Mobil Toyota RAV4 Serba Baru

Toyota meluncurkan Toyota RAV4 2019 yang serba baru belum lama ini. Perusahaan pabrikan mobil asal Jepang itu mendesain RAV4 generasi mendatang dengan berbagai inovasi.
Eva Rianti | 30 Agustus 2018 20:46 WIB
Ilustrasi - Istimewa

Toyota meluncurkan Toyota RAV4 2019 yang serba baru belum lama ini. Perusahaan pabrikan mobil asal Jepang itu mendesain RAV4 generasi mendatang dengan berbagai inovasi.

Pertama, lebih besar di beberapa sisi. RAV4 2019 diciptakan di atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang juga mendasari sederetan sedan Toyota Camry dan Toyota Avalon yang baru-baru ini didesain ulang.

RAV4 memiliki wheelbase 105,9 inci yang lebih panjang, track depan dan belakang yang lebih lebar, body yang 57% lebih keras dan tambahan ground clearance setengah inci.

Pada mobil ini, terdapat suspensi belakang multi-link baru untuk penanganan yang lebih baik. Di dalam, ada lebih banyak ruang kepala, ruang untuk kaki, pinggul dan bahu, serta ruang kargo.

Kedua, lebih hemat bahan bakar. Meskipun Toyota belum secara resmi merilis angka, perusahaan mengatakan RAV4 menggunakan mesin 4-silinder 2,5 liter yang mana terdapat peningkatan tenaga hingga 15%, menempatkan output untuk model 2019 ini dalam kisaran 200 tenaga kuda.

Adapun, transmisi otomatis terbaru 8-percepatan membuat efisiensi bahan bakar, sementara hibrida berlanjut dengan CVT (Continuously Variable Transmission) otomatis.

Ketiga, tampilan baru yang tebal. Gaya RAV4 2019 mengambil lompatan monumental. Tampilannya lebih kuat, dengan styling front-end yang sangat dipengaruhi oleh SUV Toyota 4Runner saat ini dan pickup Toyota Tacoma.

Tampilan sisi belakang terlihat lebih berseni dengan ujung belakang yang meruncing, skema cat dua nada baru, dan cermin samping bergaya pedestal yang membantu meningkatkan visibilitas ke luar.

Adapun, style-nya bervariasi dengan trim. Trim Limited menampilkan desain gril dan headlight yang lebih elegan, sementara Adventure Grade tampilannya lebih kasar diselingi oleh over-fender besar dan tambahan body cladding bawah.

Keempat, mobil hybrid dengan Giddy Up. Toyota memindahkan citra RAV4 dari eco-warrior yang hemat bahan bakar ke mesin kinerja yang kuat. Model hibrida yang juga meningkatkan daya bakal bergerak lebih agresif dengan XSE Hybrid.

RAV4 Hybrid 2019 dilengkapi dengan penggerak motor listrik kembar dan fitur suspensi sport-tuned, roda yang lebih kecil dan paket ban ditambah gaya eksterior yang unik dan perawatan cat. Untuk 2019, Toyota menggerakkan paket baterai besar hibrida dari bawah area kargo ke bawah kursi belakang, perubahan yang memungkinkan RAV4 Hybrid "menyombongkan" volume kargo yang sama dengan versi bensin.

Kelima, interior semua baru. Pada sisi interior terdapat dasbor baru yang lebih simetris dari desain sebelumnya dengan layar infotainment besar yang dipasang di tengah dan tombol yang lebih besar untuk radio dan kontrol heating, ventilation, dan air-conditioning (HVAC).

Bahan interior yang digunakan lebih progresif, yakni dengan permukaan yang lebih lembut, dan kain yang lebih baik.

Semua trim dilengkapi dengan rem parkir elektronik yang membebaskan ruang di konsol tengah yang didesain ulang.

Keenam, opsi konektivitas baru. RAV4 2019 menampilkan perangkat lunak Toyota Entune 3.0 yang dilihat melalui layar berwarna 7-in. Layar 8-in dengan radio satelit dan navigasi adalah opsional, seperti sistem audio JBL 800 watt, pengisian nirkabel Qi, dan lima port USB.

Termasuk konektivitas Wi-Fi, Apple CarPlay, dan aktivasi suara Amazon Alexa melalui Bluetooth. Namun, Android Auto dikabarkan tidak aktif.

Ketujuh, lebih banyak peralatan high-end. Untuk mengimbangi persaingan, Toyota menambahkan sejumlah opsi baru yang belum pernah tersedia sebelumnya di RAV4. Tergantung pada trim, pembeli dapat memilih kursi depan yang dipanaskan dan berventilasi, kursi belakang yang dipanaskan, lampu depan adaptif, kaca spion display digital, dan moonroof panoramik.

Kedelapan, sistem keselamatan lebih standar. Toyota Safety Sense (TSS) hadir standar pada setiap RAV4, termasuk kontrol pelayaran adaptif, balok tinggi otomatis, pengereman darurat otomatis dengan deteksi pejalan kaki, dan peringatan jalur keberangkatan dengan bantuan.

Fitur-fitur baru ditambahkan ke sistem TSS, diantaranya Lane Trace Assist dan Road Sign Assist. Peralatan opsional termasuk sistem pemantauan blind spot, peringatan lalu lintas belakang dan monitor mata-mata 360 derajat.

Kesembilan, opsi all-wheel-drive (AWD) berkelanjutan. RAV4 2019 dilengkapi dengan salah satu dari tiga sistem AWD. Model dasar dan kelas menengah menggunakan sistem dasar yang menerapkan daya ke roda belakang ketika front mulai tergelincir.

Trim Limited dan Adventure Grade dilengkapi dengan sistem AWD baru yang menampilkan Dynamic Torque Vectoring yang sangat meningkatkan penanganan serta kemampuan off-road. Dynamic Torque Vectoring bekerja dengan menerapkan torsi ke roda mana yang paling membutuhkannya, baik itu depan ke belakang atau samping ke samping.

Juga termasuk dalam pengaturan ini adalah Rear Driveline Disconnect Toyota, sebuah sistem yang dapat melepaskan roda belakang secara elektronik dari driveline, mengurangi hambatan, dan meningkatkan ekonomi bahan bakar.

Terlepas dari versi AWD yang dipilih, terdapat juga pengontrol Multi-Terrain Select baru yang memungkinkan sistem untuk disesuaikan dengan pengaturan kondisi salju, lumpur, pasir atau batu.

Model hibrida mempertahankan AWD On-Demand dengan Intelligence (AWD-i) Elektronik dari generasi sebelumnya, tetapi sekarang dapat mengirim hingga 30% lebih banyak torsi ke roda belakang melalui bantuan motor listrik. Sayangnya, konfigurasi AWD hibrida tidak menyertakan fitur Multi-Terrain yang keren.

Kesepuluh, terdapat beberapa trim. Toyota berencana membangun RAV4 2019 untuk setiap anggaran dan kebutuhan dengan lima kelas bensin dan empat hibrida. Penetapan harga belum diumumkan, tetapi mengharapkan RAV4 tetap sangat kompetitif dengan Honda CR-V, Subaru Forester, Mazda CX-5 dan Hyundai Santa Fe.

Toyota RAV4 2019 dijadwalkan akan mulai dijual musim dingin ini, sementara hibrida akan diluncurkan pada awal 2019.

Tag : toyota
Editor : Bambang Supriyanto
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top