Mercedes-Benz Advanced Control Hadirkan Rumah Terhubung di Atas Roda

Mercedes-Benz Vans telah mengembangkan Mercedes-Benz Advanced Control (MBAC), yakni modul antarmuka yang akan menjadikan van kemping masa depan sebagai rumah terhubung di atas roda.
Fatkhul Maskur | 25 Agustus 2018 08:05 WIB
Mercedes-Benz Sprinter Connected Home di Caravan Salon Duesseldorf 2018. - DAIMLER

Bisnis.com, STUTGART - Mercedes-Benz Vans telah mengembangkan Mercedes-Benz Advanced Control (MBAC), yakni modul antarmuka yang akan menjadikan van kemping masa depan sebagai rumah terhubung di atas roda.

Mercedes-Benz Van menilai bahwa tren besar "rumah terhubung" atau "rumah pintar" membuka dimensi baru dalam kenyamanan pengguna, dan karena itu juga memainkan peran yang semakin penting berkaitan dengan van kemping.

Untuk mengatasi kebutuhan ini, Mercedes-Benz Vans telah mengembangkan MBAC, yakni modul antarmuka yang menghilangkan pemisahan antara kendaraan dasar dan ruang tamu. Ini menghubungkan komponen di depan dan di belakang pilar-B, yang memungkinkan mereka untuk dioperasikan dengan mudah dan nyaman dari lokasi pusat.

Berkat MBAC, van kemping berdasarkan Mercedes-Benz Vans di masa depan akan menjadi rumah yang terhubung di atas roda.

Mercedes-Benz Van akan memberikan preview solusi terhubung dengan menampilkan model Sprinter Connected Home, yang segera masuk fase produksi, di Caravan Salon Düsseldorf. 

Sprinter Connected Home

Berkat MBAC, produsen  bodi kendaraan akan dapat menerapkan konsep rumah terhubung di atas roda berdasarkan Sprinter baru mulai 2019. Kemungkinannya meluas dari tampilan sentral atas tingkat gas ke kontrol lampu dan penghangat dengan tampilan sentuh di kendaraan atau dari aplikasi smartphone. Ini hanya beberapa contoh.

Beberapa operasi terpusat melalui layar sentuh MBUX di kokpit kendaraan, atau melalui layar terpisah di ruang tamu, yang di masa depan dapat diposisikan secara bebas, atau dari aplikasi ponsel pintar:

-Memeriksa apakah pintu terkunci
-Memeriksa level tabung gas
-Memeriksa level tangki air dan mengendalikan katup pembuangan air
-Memeriksa status pengisian baterai
-Memeriksa dan mengatur suhu pendingin / kulkas
-Memeriksa dan mengatur suhu di ruang tamu
-Memeriksa status muatan modul surya untuk pasokan energi alternatif
-Mengontrol tenda yang dapat diperpanjang secara elektrik
-Mengontrol sistem suara
-Mengontrol pencahayaan interior, termasuk pencahayaan suasana
-Mengontrol langkah ke ruang tamu.

Spinter Connected Home

Concept Marco Polo : Connected Home 2.0

Selain Sprinter Connected Home, Concept Marco Polo, yang juga terlihat di stan Mercedes-Benz, juga mengambil satu langkah lebih maju. Daya tariknya termasuk kontrol suara dan penggelapan jendela otomatis dengan menggunakan kristal cair yang tertanam di kaca. Ini menjadikan suasana modern yang menyenangkan.

Concept Marco Polo mengambil fungsi-fungsi ini dan juga menghadirkan fitur kenyamanan / kemudahan melihat ke depan yang dapat dikendalikan dari lokasi pusat, sehingga menghemat waktu--termasuk kontrol terpusat dari suspensi udara--untuk meratakan kendaraan di tanah yang tidak rata- serta kursi listrik bangku di belakang dan atap pop-up listrik.

Sorotan khusus adalah penggelapan jendela. Kristal cair di jendela samping memungkinkan kaca menjadi gelap jika diinginkan. Tidak perlu tirai atau tirai. Selain itu, Concept Marco Polo dilengkapi dengan stasiun pengisian daya ponsel cerdas induktif - jadi tidak ada lagi "kabel kekacauan". Stasiun pengisian daya mudah diakses di pendingin.

Concept Marco Polo tidak hanya memungkinkan komponen di depan dan di belakang pilar-B dioperasikan dari layar di kokpit atau dari aplikasi ponsel cerdas; kontrol suara adalah pilihan lain. Ini diaktifkan dengan mengatakan "Hai Mercedes".

Dua contoh bagaimana itu dapat digunakan:

Setelah tiba di lokasi perkemahan, saatnya untuk bersantai. Lalu lakukan perintah suara, "Hei Mercedes, saya ingin bersantai" maka Concept Marco Polo segera mengatur tingkat kendaraan, memperluas atap pop-up dan tenda, mengaktifkan pencahayaan suasana di tenda, gaiter dan di bawah unit dapur dan beralih pada musik.

Tenaga listrik datang dengan cara yang ramah lingkungan dari modul surya pada kendaraan konsep, yang menghasilkan 400 watt daya. Semuanya diatur untuk awal yang santai untuk liburan.

Atau pada hari keberangkatan atau pulang, ketika semuanya harus dilakukan dengan cepat, apabila pemilik cukup mengeluarkan perintah, "Hei Mercedes, bersiap-siap untuk pergi", maka segera kontrol level dinonaktifkan, atap tenda dan pop-up menarik kembali. Selain itu, bangku kursi / sandaran bangku dikembalikan ke posisi tegak dan lampu suasana dimatikan.

Dan van kemping pun siap untuk perjalanan pulang bebas stres.

Tag : Mercedes-Benz Van, Caravan Salon 2018
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top