Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Gandeng Great Wall Bangun Pabrik Mobil Listrik di Jiangsu, China

BMW Group memperkuat kehadirannya di pasar China. Setelah akan memperluas usaha patungan dengan Brilliance, pabrikan Jerman ini menggandeng pabrikan China Great Wall Motor untuk membuat perusahaan patungan yang akan mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik di Negeri Panda tersebut.
Perjanjian usaha patungan ditandatangani oleh Wei Jianjun, Pendiri dan Ketua Great Wall Motor, dan Klaus Frhlich, Anggota Dewan Manajemen BMW AG untuk Pengembangan. /BMW Group
Perjanjian usaha patungan ditandatangani oleh Wei Jianjun, Pendiri dan Ketua Great Wall Motor, dan Klaus Frhlich, Anggota Dewan Manajemen BMW AG untuk Pengembangan. /BMW Group

Bisnis.com, MUNICH - BMW Group memperkuat kehadirannya di pasar China. Setelah akan memperluas usaha patungan dengan Brilliance, pabrikan Jerman ini menggandeng pabrikan China Great Wall Motor untuk membuat perusahaan patungan yang akan mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik di Negeri Panda tersebut.

Penandatangan kerja sama kedua perusahaan tersebut dilakukan di sela-sela acara promosi pengendaraan listrik dan terkoneksi yang dihadiri oleh Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri China Li Keqiang di Berlin, Selasa (0/7/2018).

Kedua bersepakat membentuk perusahaan patungan Spotlight Automotive Limited itu berbasis di Jiangsu, China, dan sahamnya dimiliki oleh kedua perusahaan masing-masing 50%.

Spotlight Automotive Limited melalui fasilitas canggihnya itu akan mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik untuk merek Mini maupun Great Wall.

Produksi kendaraan MINI baterai-listrik masa depan di China yang merupakan pasar terbesar dunia untuk elektromobilitas adalah elemen kunci dari pengembangan strategis lanjutan MINI dalam Strategi BMW Group, NUMBER ONE> NEXT.

Langkah ini menindaklajuti "letter of intent" yang ditandatangani Mini dengan Great Wall Motor pada 23 Februari 2018. Ini adalah langkah signifikan menuju masa depan elektrik merek MINI, yang akan menjadi tambahan untuk memulai produksi tahun depan mobil lsitrik baterai pertama MINI di pabrik utama merek di Oxford.

"Penandatanganan hari ini mewakili tingkat kerja sama baru antara China dan Jerman," kata Harald Krüger, Ketua Dewan Manajemen BMW AG, selama upacara penandatanganan. “Kemitraan strategis ini adalah win-win untuk BMW Group dan Great Wall Motor, memungkinkan kami berkontribusi pada rencana ambisius China untuk meningkatkan kendaraan energi baru dan mengurangi emisi di sektor mobilitas,” urai Kruger.

Perjanjian usaha patungan ditandatangani oleh Wei Jianjun, Pendiri dan Ketua Great Wall Motor, dan Klaus Fröhlich, Anggota Dewan Manajemen BMW AG untuk Pengembangan. "Kekuatan dan keahlian dari kedua perusahaan saling melengkapi dengan baik," kata Fröhlich.

Dia mengatakan bahwa pengalaman BMW sebagai pelopor dan pemimpin di bidang elektrifikasi, ditambah dengan track record Great Wall Motor yang telah terbukti dalam industrialisasi yang efisien, memungkinkan keduanya bersama-sama untuk mendorong pertumbuhan pasar e-mobilitas terbesar di dunia.

“Dengan pendekatan bersama kami, kami dapat dengan cepat meningkatkan produksi dan meningkatkan efisiensi di segmen kendaraan listrik kompak yang sangat kompetitif.”

Wei Jianjun mengatakan bahwa penandatangan kerja sama kedua perusahaan tersebut membuka babak baru dalam kerja sama China-Jerman. “Great Wall Motor dan BMW Group berbagi komitmen untuk mempromosikan kendaraan energi baru. Dengan kekuatan gabungan dari kedua mitra, usaha patungan baru kami akan mempercepat penyerapan kendaraan listrik,” lanjut Wei.

BMW Group berkomitmen kuat untuk melanjutkan kerja sama yang sukses dengan struktur penjualan dan saluran yang mapan di China dan tidak memiliki rencana untuk mendirikan organisasi penjualan tambahan di China untuk kendaraan listrik MINI dari perusahaan patungan ini. Kegiatan usaha patungan akan fokus pada pengembangan, pengadaan, dan produksi kendaraan listrik untuk pasar China.

Seperti yang diumumkan sebelumnya, BMW Group juga akan memperluas usaha patungan BMW Brilliance Automotive (BBA) yang sangat sukses di China dengan mitranya, Brilliance. Dalam beberapa tahun terakhir, BBA telah menjadi landasan kesuksesan merek BMW di pasar terbesarnya. Sekitar 560.000 kendaraan merek BMW dikirim ke pelanggan di China pada 2017 - lebih dari di dua pasar terbesar berikutnya, Amerika Serikat dan Jerman, digabungkan.

Dua pertiga dari semua kendaraan BMW yang dijual di China tahun lalu diproduksi oleh BBA. Pada 2017, China adalah pasar terbesar keempat MINI, dengan sekitar 35.000 unit yang dikirimkan. Ini menggarisbawahi tambahan potensi global merek, yang sekarang akan didukung secara signifikan melalui usaha bersama dengan Great Wall Motor.

Strategi sukses di balik ekspansi berkelanjutan dari jaringan produksi global BMW Group mematuhi aturan yang jelas: produksi mengikuti pasar. Ini berarti bahwa peningkatan produksi di pasar terbesar BMW tidak mengarah pada penurunan produksi di pabrik lain, tetapi sebaliknya. Misalnya, meskipun produksi BMW di China dan AS meningkat secara signifikan antara 2007 dan 2017, produksi di Jerman selama waktu itu juga tumbuh hampir seperempat, menjadi sekitar 1,15 juta kendaraan per tahun.

Strategi ekspansi serupa dapat mempercepat pengembangan merek MINI secara signifikan, tanpa mempertanyakan komitmen BMW Group di Inggris, di mana perusahaan telah melakukan investasi yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper