Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Jajaran Bus Terbaru MAN di IAA 2018

MAN Truck & Bus akan memamerkaan rangkaian produk bus terbarunya yang dikembangkan untuk menjawab tantangan transportasi masa depan di ajang IAA Commercial Vehicle 2018 di Munich, September mendatang.
MAN Lion's City Hybrid. /MAN
MAN Lion's City Hybrid. /MAN

Bisnis.com, MUNICH - MAN Truck & Bus akan memamerkaan rangkaian produk bus terbarunya yang dikembangkan untuk menjawab tantangan transportasi masa depan di ajang IAA Commercial Vehicle 2018 di Munich, September mendatang.

Produk terbaru itu adalah MAN Lion's City e-Bus dan CNG, serta minibus berbasis MAN TGE akan disajikan kepada publik untuk pertama kalinya.

Setelah première di Musim Semi 2018, bus kota generasi baru dari MAN Lion’s City akan mengambil panggung IAA Commercial Vehicle 2018 sebagai panggung besar untuk memperkenalkan yang lebih luas.

Dengan demikian, modul MAN Efficient Hybrid akan merayakan penampilan pertamanya di sebuah pameran dagang. Modul hibrida akan menghemat bahan bakar berkat penggunaan energi pengereman

Di satu sisi, bus hibrida akan menghemat bahan bakar berkat penggunaan energi listrik yang dihasilkan saat fase pengereman, serta fase berhenti dan kecepatan rendah (stop-start) yang senyap dan bebas emisi.

Selain desain tepi cerdas baru yang menarik dan eye-catching, kendaraan dua-poros yang dipamerkan di IAA menonjol berkat inovasi di pintu: ambang penutup pintu yang diterangi mengindikasikan aksi pembukaan dan penutupan pintu-pintu dalam warna yang berbeda.

Bersamaan dengan versi diesel, keluarga bus kota juga akan ditingkatkan dengan sistem penggerak alternatif pada waktunya untuk dipamerkan IAA 2018.

Inilah Jajaran Bus Terbaru MAN di IAA 2018

Selain itu, MAN akan meluncurkan secara perdana global dua produk bus kota: Lion's City CNG dan prototipe dari Lion City yang sepenuhnya listrik.

Lion City e-Bus secara visual akan tampil kontras dengan saudara konvensionalnya berkat desainnya yang sedikit dimodifikasi untuk menggarisbawahi sifat unik dari sistem penggerak listrik. Secara khusus, adalah kehadiran rumah mesin dan kursi tambahan di belakang.

Drivetrain listrik sepenuhnya menghasilkan 160 hingga maksimum 270 kW. Bagian dalam bus, dirancang dengan 29 kursi, dapat diakses melalui tiga pintu yang dioperasikan secara elektrik.

Sebagai pemimpin pasar bus kota dengan mesin berbahan bakar gas, secara bersamaan MAN akan menyajikan produk terbaru Lion's City dan mesin gas yang benar-benar baru, MAN E18, sebagai pilihan dengan MAN Hybrid yang efisien. Di sini, MAN menunjukkan prioritas tinggi pada sistem penggerak alternatif dalam portofolio produknya.

Bus gandeng juga akan ditampilkan untuk menunjukkan efek mengoptimalkan aliran penumpang dari partisi pencahayaan inovatif, berbasis situasi dan dinding concertina tembus pandang. MAN juga mengoptimalkan kapasitas ruang berdiri pada kendaraan empat pintu dengan menawarkan kapasitas 39 kursi. MAN E1856 LOH yang baru dikembangkan memberikan 320 HP (235 kW) dan menggunakan gearbox otomatis 4-percepatan.

Portofolio produk MAN disempurnakan dengan MAN Lion’s Coach L, dalam versi jarak tempuh jauh lengkap dengan lift dan dua kursi roda. Berbeda dengan Lion's Coach yang diperkenalkan tahun lalu untuk pertama kalinya, posisi C-pillar kini telah dioptimalkan untuk tampilan yang lebih baik termasuk di deretan pertama kursi.

Selain itu, bus tersebut sekarang memiliki poros trailing yang dikemudikan secara elektrohidraulik yang meningkatkan kemampuan manuver, dan transmisi 12 gigi baru MAN TipMatic Coach. Kinerja yang ditingkatkan MAN D2676 LOH menghasilkan 470 HP (346 kW) dan 2.400 Nm torsi maksimum. Versi mesin baru tersedia dari Juli 2019.

Inilah Jajaran Bus Terbaru MAN di IAA 2018

DUNIA NEOPLAN

MAN juga akan menampilkan Neoplan Skyliner, yang telah dioptimalkan untuk dapat memenuhi persyaratan transportasi jarak jauh.  Berkat desain lantai rendah di dek bawah, itu juga menawarkan akses yang nyaman bagi orang-orang dengan mobilitas terbatas. Berkat penggabungan kursi lipat pada sistem geser, hingga dua kursi roda tersedia di atasnya.

Untuk mengakomodasi aliran penumpang yang dioptimalkan dan kapasitas tempat duduk yang lebih tinggi, sebagai opsi MAN telah memindahkan tangga depan ke sisi kanan kendaraan di pameran. Dengan demikian 78 penumpang dapat menemukan tempat duduk yang nyaman di lantai bersusun ganda.

Sistem penggerak terdiri dari mesin D26 yang dirancang ulang yang sekarang menghasilkan 510 HP (375 kW) dan torsi maksimum 2.600 Nm dan dilengkapi dengan generasi baru MAN TipMatic Coach transmisi perpindahan gigi otomatis.

Sebagai langkah efektif untuk mencegah kecelakaan yang berhubungan dengan tempat buta (blind spot), Neoplan Skyliner dan Cityliner akan tampil dengan sistem cermin pengganti baru. Kamera di kedua sisi kendaraan memberikan gambar real-time pada dua layar yang dibangun ke dalam bidang pandang pengemudi sehingga menghilangkan titik buta.

Sepintas, pengemudi dapat menilai situasi lengkap, yang sebaliknya akan membutuhkan kaca belakang, sudut lebar dan ramp mirror. Teknologi kamera beresolusi tinggi akan menampilkan daerah sekitar terlepas apakah pada siang hari atau malam hari, sehingga daya pandang pengendara telah meningkat.

Selain itu, berbeda dengan faktor pembatas cermin yang misalnya menyebabkan pengaburan, akumulasi kotoran atau silau Matahari akibat juga diminimalkan. Ini juga meningkatkan keamanan sekaligus mengurangi kemungkinan tabrakan dan dengan demikian biaya perbaikan.

Neoplan Cityliner juga memasukkan sistem pandangan burung, yang mendukung pengamatan lingkungan dengan enam kamera. Gambar dikeluarkan ke monitor terpisah di konsol pengemudi.

Cityliner L tidak hanya menjanjikan pengalaman perjalanan yang sangat aman tetapi juga salah satu yang sangat eksklusif berkat interiornya yang dimodifikasi. Dengan fokus pada nuansa dan pengalaman, bus ini menjawab syarat kenyamanan dan katering yang dibutuhkan oleh hingga 35 penumpang.

Selain ruang VIP eksklusif, untuk tujuan tersebut bus ini memiliki dapur dengan oven konveksi, pengisian induksi untuk telepon seluler, dan pencahayaan ambien. Pusat Modifikasi Bus MAN sekali lagi menunjukkan kemampuan andal.

Tourliner C juga akan ditampilkan untuk menandai titik masuk ke Dunia Neolan. Dan apa itu titik masuk! Sebagai kendaraan ketiga dalam proyek seni movingART, kendaraan dua gandar memantik livery pita perekat terkemuka Berlin.

Pada bagian dalam yang hangat dan nyaman, ditemukan material dan warna bersahaja, yang menonjolkan kelas premium dengan desain modern.  Dilengkapi tempat duduk bintang 4, sebanyak 48 penumpang dapat duduk di bus yang memiliki drivetrain canggih dengan kinerja baru-ditingkatkan 470 HP (346 kW) dan 2.400 Nm torsi maksimum serta MAN MANMatic Coach baru.

Inilah Jajaran Bus Terbaru MAN di IAA 2018

MAN TGE Minibus

MAN Truck & Bus juga akan memperkenalkan MAN TGE Minibus di ajang IAA Commercial Vehicle 2018. Dengan produk ini, MAN ingin menegaskan posisinya sebagai penyedia produk angkutan transportasi barang yang lengkap. Ini menandai puncak ragam bus. Varian bus antarkota dengan kapasitas 15 kursi penumpang itu akan dipamerkan dalam wujud MAN TGE Intercity.

Pada bus ini, akses diperoleh melalui pintu geser listrik dengan papan langkah listrik yang dapat ditarik. Sistem AC standar yang dipasang di atap secara konstan memberikan suhu yang menyenangkan. Selain itu, soket pengisian daya USB di dinding samping dan speaker tambahan lebih meningkatkan kenyamanan penumpang.

Model kendaraan angkutan untuk mendukung lalu lintas penumpang pesawat, perjalanan dalam kota, hingga pengumpan hotel ini berdimensi panjang  7.391 mm. MAN TGE Minibus dilengkapi dengan banyak sistem bantuan, seperti Emergency Brake Assist (EBA), Adaptive Cruise Control (ACC), asisten angin lateral dan aktif sistem penjaga lajur.

Di bawah kap, mesin 2 liter menghasilkan 177 HP (130 kW), dengan transmisi manual.

SOLUSI TRANSPORTASI MAN

Selain produknya, stan pameran MAN juga menampilkan layanan ekstensif yang ditawarkan oleh produsen kendaraan komersial seperti manajemen pemeliharaan, layanan perbaikan, suku cadang OEM dan aksesori, serta layanan keuangan.

Misalnya, penyedia pelatihan in-house MAN ProfiDrive menjanjikan peningkatan keselamatan dan efisiensi melalui kursus pelatihan pengemudi langsung.  Khususnya di bidang transportasi penumpang, ada fokus pada aspek keamanan teknis dan bagaimana hal tersebut dapat ditingkatkan.

Untuk mengoptimalkan ekonomi transportasi jalan, yakni penghematan bahan bakar hingga 10%, dilakukan melalui kombinasi kemampuan pengemudi yang cerdas, manajemen waktu, dan perencanaan rute.

MAN mendedikasikan spesialisasi internal untuk tantangan beralih ke sistem penggerak alternatif. Di sini para ahli di tim konsultan MAN Transport Solutions akan menjawab semua pertanyaan tentang jalur dari "emisi rendah" hingga "tanpa emisi".

Fokus layanan konsultasi adalah pada elektrifikasi armada bus, truk, dan van. Dengan memanfaatkan pengalaman yang berlimpah, para konsultan yang berkualitas tidak hanya dapat memberikan saran mengenai kendaraan itu sendiri, mereka juga dapat mencakup masalah yang berkaitan dengan infrastruktur dan permintaan energi, serta konsep pemeliharaan dan desain armada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper