Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IAA 2018: Truk MAN Berfokus pada Pelanggan

IAA 2018, ajang pameran kendaraan komersial di Hannover, 20-27 September 2018, akan dijadikan panggung bagi produk-produk MAN Truck and Bus. Pabrikan Jerman ini akan memamerkan jajaran truknya dari seri GT, dan TG.
Truk MAN TGX D38. /MAN
Truk MAN TGX D38. /MAN

Bisnis.com, MUNICH - IAA 2018, ajang pameran kendaraan komersial di Hannover, 20-27 September 2018, akan dijadikan panggung bagi produk-produk MAN Truck and Bus. Pabrikan Jerman ini akan memamerkan jajaran truknya dari seri GT, dan TG.

MAN GT adalah truk yang berfokus pada keunggulan produk teruji dari sisi keandalan, efisiensi, dan fokus pelanggan. Truk GT terbaru yang telah mengalami pembaruan besar. Dengan layanan digitalnya, MAN juga memberikan jawaban atas permintaan pelanggan dan logistik di masa mendatang.

Drivelines yang ditampilkan dalam seri TG memastikan konsumsi bahan bakar yang efisien dengan kinerja tinggi dan dinamika berkendara yang baik, selain tingkat keandalan yang tinggi. Versi paling kuat dari mesin D38 menawarkan hingga 640 horsepower metrik dan mencapai torsi 3000 Nm bahkan pada putaran mesin yang rendah. Mesin D26 dioptimalkan untuk aplikasi armada dan memiliki rentang performa 420 hingga 500 mhp.

Pada saat yang sama, berat dan konsumsi bahan bakarnya cukup rendah. Berkat gearbox MAN TipMatic yang tersetel dengan baik, yang memiliki program mengemudi individu untuk semua jenis aplikasi, serta strategi awal yang sensitif dan strategi pengalihan berorientasi aplikasi yang efisien, truk berat seri MAN TGS dan TGX memiliki driveline sangat efisien, ekonomis dan ramah lingkungan.

Di segmen truk berukuran sedang, MAN TGL dan TGM beroperasi dengan mesin D08 baru yang dipresentasikan pada akhir 2017. Desain empat silinder menampilkan tingkat daya 160, 190 dan 220 mhp, dan fitur desain enam silinder hingga 250, 290 dan 320 mhp.

Generasi MAN D08SCR generasi baru unggul dengan desain yang lebih sederhana dan gas buang aftertreatment hanya berdasarkan teknologi reduksi katalitik selektif (SCR). Ini memperluas jangkauan aplikasi sementara mengurangi pemeliharaan dan memperkuat keandalan secara keseluruhan.

MAN juga berhasil mengurangi konsumsi unit baru hingga 5,5%. TGL dan TGM juga dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi berkendara berkat fungsi gearbox TipMatic yang diperkenalkan dengan generasi D08 saat ini.

IAA 2018: Truk MAN Berfokus pada Pelanggan

Kenyamanan Pengemudi

Fitur-fitur baru di dalam kabin pengemudi yang disajikan pada akhir tahun 2017 dan diimplementasikan dalam seri pada 2018 yang membuat hidup dan bekerja sang driver truk seri TG lebih nyaman.

Desain interior baru dioptimalkan untuk keperluan aplikasi dan tugas mengemudi, dan terutama mengambil bentuk di sekitar kabin di kabin pendek "C" dan kabin terkecil "M".

Sementara itu, pengemudi juga akan mendapat manfaat dari ruang yang dirancang ulang di kabin panjang L, LX, XL, XLX dan XXL, yang terutama digunakan dalam MAN TGX dan TGS. Ini tidak hanya mencakup refrigerator yang dapat diturunkan sepenuhnya di bawah tempat tidur, tetapi juga penyimpanan dan sistem lampu yang telah dioptimalkan untuk area istirahat.

Semua fitur kenyamanan yang penting dapat dikendalikan melalui konsep kontrol operator terpusat. Selain itu, seri TGX memastikan tidur nyenyak dengan paket akustik yang sangat mengurangi tingkat kebisingan di dalam kabin dengan menggunakan langkah-langkah isolasi yang luas.

Dirancang khusus untuk aplikasi di area traksi, opsi interior kabin baru Urban Concrete sekarang tersedia dengan desain interior harmonis yang sangat tahan terhadap kotoran.

Prioritas Utama

MAN telah melengkapi Adaptive Cruise Control (ACC) dengan fungsi stop-and-go untuk mencegah kelelahan pengemudi sejauh mungkin di jalan yang macet dan dalam situasi lalu lintas yang lesu. Ini secara otomatis mengatur jarak dari kendaraan di depan (termasuk pada kecepatan rendah), memperlambat kendaraan (untuk berhenti jika perlu) dan secara otomatis bergerak lagi setelah berhenti sebentar.

Dengan cara ini, pengemudi dapat bersantai dan menikmati perjalanan bebas dari stres, bahkan dalam lalu lintas berhenti-dan-pergi. Selain fungsi baru stop-and-go, generasi baru ACC dari MAN juga menawarkan respons yang lebih nyaman ketika truk mendekati kendaraan yang mengemudi di depannya. Sistem juga menghindari pemutusan dan akselerasi yang tidak perlu, sehingga mengurangi keausan pada rem dan konsumsi bahan bakar saat berkendara dengan ACC.

ACC dan ACC stop-and-go adalah tambahan ideal untuk pengaturan bantuan Emergency Brake Assist (EBA 2) dan Lane Guard System (LGS), secara proaktif membantu untuk menghindari kecelakaan.

Asisten pengereman darurat EBA 2 yang mutakhir sudah jauh melampaui ketentuan hukum yang lebih ketat untuk sistem rem darurat yang akan mulai berlaku pada ovember tahun ini.

Sensor fusi data radar dan sistem kameranya yang sangat canggih memungkinkan EBA 2 untuk menginterpretasikan skenario lalu lintas yang lebih rumit dengan lebih andal, serta mengidentifikasi kendaraan dan rintangan berdiri di depan truk dengan keandalan yang lebih tinggi, yang berarti rem darurat hanya dipicu saat diperlukan.

Karena pengalaman positifnya dengan filosofi desain ini, pada musim semi 2017, MAN berhenti memasang EBA 2 sebagai standar sedemikian rupa sehingga pengemudi dapat menekan tombol pada panel instrumen dan menonaktifkannya. Perusahaan melakukannya untuk meningkatkan keamanan yang ditawarkan oleh sistem. Pengaturan ini menjamin bahwa pengemudi terus memiliki kendali penuh terhadap sistem setiap saat.

MAN DigitalServices

Dengan diperkenalkannya divisi grup MAN DigitalServices baru, MAN menawarkan layanan dan aplikasi digital khusus untuk kendaraan MAN. Menggunakan RIO, platform logistik terbuka, berbasis cloud, operator armada campuran dapat memanfaatkan MAN DigitalServices yang luas untuk menghubungkan kendaraan mereka yang dibuat oleh MAN dan merek lain di semua tingkat, yang memungkinkan mereka untuk mengoperasikan kendaraan mereka bahkan lebih efisien.

Pada saat yang sama, aplikasi MAN DigitalServices dirancang secara eksplisit agar berfungsi, cocok untuk penggunaan sehari-hari dan sangat mudah digunakan. Sejak Agustus 2017, RIO Box telah menjadi bagian standar dari semua seri truk MAN baru yang mengikuti standar Euro 6 di Eropa. Itu berarti truk MAN menampilkan komponen pertama dari infrastruktur yang layanannya akan dapat menghubungkan seluruh industri transportasi dan logistik di masa depan. Kotak RIO berfungsi sebagai antarmuka antara kendaraan dan platform RIO.

MAN ProfiDrive

Menawarkan sesi pelatihan sektoral yang disesuaikan dan berdasarkan kebutuhan untuk pengemudi truk dan bus, MAN ProfiDrive telah berfokus dengan presisi yang lebih tinggi pada persyaratan dan permintaan pelanggannya sejak akhir tahun lalu.

Pelanggan dapat menyusun program pelatihan untuk tugas transportasi mereka dari portofolio modul pelatihan yang luas. Para ahli MAN ProfiDrive bekerja sama dengan pelanggan untuk mengembangkan dan merancang acara, serta mengatur waktu, jadwal, lokasi, dan membuat penyesuaian untuk konten pelatihan dasar (seperti keselamatan mengemudi, teknologi, keamanan beban, pelatihan off-road dan efisiensi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper