Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI KAROSERI: Laksana Siap Rambah Bangladesh

Karoseri Laksana bersiap merambah pasar baru kendaraan niaga bus di Bangladesh pada tahun ini, setelah sebelumnya sukses mengekspor produk yang sama ke Fiji.
Salah satu produk bus hasil produksi Karoseri Laksana. /Bisnis.com
Salah satu produk bus hasil produksi Karoseri Laksana. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Karoseri Laksana bersiap merambah pasar baru kendaraan niaga bus di Bangladesh pada tahun ini, setelah pada tahun lalu sukses mengekspor ke Fiji.

Direktur Teknik Laksana Bus Stefan Arman mengatakan, pihaknya sedang mempelajari dan memenuhi persyaratan di Bangladesh agar dapat melakukan pengiriman produk dari Indonesia.

“Untuk 2018, ya kami sih melihatnya, kami lagi mencoba membuka peluang di market baru di Bangladesh,” kata Stefan, kepada Bisnis, Senin (29/1/2018).

Perusahaan, lanjutnya, juga sedang mengurus izin-izin yang diperlukan dari dalam negeri terkait dengan rencana ekspornya ke Bangladesh mengingat perusahaan menggunakan sasis impor dari Bangladesh sebelum menjualnya kembali dalam bentuk bus jadi.

Tidak hanya ke Bangladesh, dia menuturkan, pihaknya juga selama ini mengekspor kendaraan niaga bus dalam bentuk jadi. Dia menjelaskan, perusahaan perlu memelajari dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang diberlakukan di Bangladesh lantaran setiap negara memiliki aturan tersendiri.

Biasanya, dia mengatakan setiap negara-negara memiliki aturan atau perundang-undangan mengenai spesifikasi dan dimensi kendaraan niaga bus yang harus dipenuhi oleh para pembuat kendaraan niaga bus.

Aturan-aturan tersebut, ujarnya kerap berbeda dengan aturan yang ada di Indonesia atau tidak akan sama 100%. “Sering kali ada perbedaan antara peraturan di Indonesia, Fiji, dan lainya,” katanya.

Perusahaan berharap, total ekspor perusahaan dapat meningkat menjadi sekitar 30 unit bus setelah dapat melakukan pengiriman luar negeri ke Bangladesh. Perusahaan mengekspor 15 unit bus ke Fiji sepanjang tahun lalu.

Dia mengungkapkan, ekspor perusahaan sepanjang tahun lalu tersebut tidak jauh berbeda dengan pengiriman-pengiriman luar negeri yang dilakukan perusahaan pada tahun sebelumnya ke Fiji, yakni sekitar 15 – 20 unit.

Terkait nilai ekspor perusahaan ke Fiji, dia menuturkan tidak mengetahui nilai pastinya. Hanya saja, besaran harga satu bus yang diekspor sekitar Rp1 miliar – Rp1,5 miliar tergantung pada spesifikasi yang terdapat di dalam bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper