Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MOBIL NOVEMBER: Jelang Akhir Tahun, Suzuki Percaya Diri

Menjelang berakhirnya 2017, PT Suzuki Indomobil Sales tampak percaya diri. Hal itu terlihat dari penjualan pabrik ke diler atau wholesales perusahaan.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang berakhirnya 2017, PT Suzuki Indomobil Sales tampak percaya diri. Hal itu terlihat dari penjualan pabrik ke diler atau wholesales perusahaan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), SIS membukukan pertumbuhan 28,47% pada November tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, menjadi 11.007 unit. Tren positif penjualan ke diler SIS ini telah berlangsung September.

Kendaraa penumpang menjadi tulang punggung penjualan perusahaan dengan sumbangsih sebanyak 6.892 unit atau 62,36%. Suzuki Ertiga bekontribusi paling banyak. Kendaraan yang bermain di kelas mobil kecil serbaguna (LMPV) ini membukukan penjualan 3.940 unit atau 35,80% dari capaian bulanan November SIS.

Ignis, mobil yang digadang-gadang menjadi pemecah kebuntuan pasar city car, penjualannya terus menurun. Saat awal diluncurkan, kuartal II/2017, mobil ini sempat mencetak angka pasokan ke diler hingga 2.476 unit. Pada bulan lalu, penjualan ke diler Ignis merosot menjadi 1.000 unit, atau 9,09% dari total volume bulanan SIS.

Sementara itu, Suzuki Baleno Hatchback yang baru diluncurkan paruh kedua tahun ini menyumbang 9,09% atau 659 unit.

Adapun sepanjang tahun ini, Januari—November, SIS mencatat kenaikan sebanyak 21,68% dibandingkan tahun lalu, atau menjadi 101.652 unit. Kendaraan penumpang menyumbang 59,14% di antaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper