Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uber Akan Beli 24.000 Unit Mobil Otonom Volvo

Uber berencana membeli 24.000 unit mobil otonom Volvo. Perusahaan traportasi dalam jaringan ini ingin mengganti model bisnis dari berbagi profit dengan pemilik mobil menjadi memiliki kendaraan sendiri tanpa supir, mengutip The Guardian, Selasa (21/11/2017).
Ilustrasri - uber Taxi/mises.org
Ilustrasri - uber Taxi/mises.org

Bisnis.com, JAKARTA – Uber berencana membeli 24.000 unit mobil otonom Volvo.

Perusahaan traportasi dalam jaringan ini ingin mengganti model bisnis dari berbagi profit dengan pemilik mobil menjadi memiliki kendaraan sendiri tanpa supir, mengutip The Guardian, Selasa (21/11/2017).

Volvo mengatakan pada hari Senin (20/11/2017), bahwa pihaknya akan menyediakan lebih dari 24.000 unit SUV (sport utility vehicle) XC90 yang telah dilengkapi dengan teknologi mobil otonom. Hal ini merupakan bagian dari kesekapan hingga 3 tahun ke depan sampai 2021.

Perusahaan pemilik Volvo, Geely Atumobile akan menyediakan kendaraan, sementara Uber bertanggung jawab atas sistem swakemudi yang saat ini sedang dikembangkan oleh Uber’s Advanced Technologies Group.

Pengumuman tersebut menyusul berita bahwa Alphabet's Waymo akan meluncurkan layanan mobil otonom pertama di dunia dalam beberapa bulan ke depan di Arizona, Amerika Serikat. Wilayah ini sudah melegalkan untuk mengoperasikan mobil yang dapat beroperasi tanpa bantuan manusia di belakang kemudi.

Apabila Uber benar membeli semua 24.000 unit mobil, ini adalah pemesanan terbesar dalam sejarah industri mobil otonom. Secara teori nantinya mobil ini bisa mengambil penumpang tanpa bantuan manusia sedikitpun.

"Tujuan kami adalah dari hari pertama untuk melakukan investasi ke dalam kendaraan yang bisa diproduksi dalam skala besar,” kata Jeff Miller, kepala aliansi otomotif Uber.

Adapun Uber telah menguji prototipe mobil Volvo selama lebih dari satu tahun di Arizona dan Pittsburgh, dengan masih menggunakan manusia untuk mengintervensi jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper