Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Frost & Sullivan: SUV Jadi Tumpuan Penjualan Otomotif 2016

Mobil sport utility vehicle (SUV) diperkirakan akan tetap memberikan kontribusi signifikan terhadap total penjualan kendaraan mobil di Tanah Air pada tahun 2016.
Honda HRV./JIBI
Honda HRV./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil sport utility vehicle (SUV) diperkirakan akan tetap memberikan kontribusi signifikan terhadap total penjualan kendaraan mobil di Tanah Air pada tahun 2016.

Vice President, Automotive & Transportation Practise, Asia Pacific Frost & Sullivan, Viviek Vaidya mengemukakan peningkatan pasar mobil SUV didukung oleh model-model keluaran terbaru.

"Kendaraan SUV bahkan berhasil melampaui permintaan kendaraan dengan segmen multi purpose vehicle (MPV) dan sedan," katanya di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Dia menjelaskan prestasi penjualan kendaraan SUV itu tidak terlepas dari keberadaan pameran-pameran otomotif yang kian agresif dan momen itu menjadi sarana efektif dalam meluncurkan model-model terbaru.

"Merek Honda bisa jadi contohnya, dengan konsolidasi pasar yang intensif dan berjalan mengesankan, telah membawa pada kesuksesan penjualan model Mobilio dan respon pasar yang positif terhadap model HR-V".

Sebelumnya, Lembaga riset Frost & Sullivan memprediksi total penjualaan kendaraan mobil di Indonesia menurun sebesar 4,3% dari tahun ke tahun dan penjualan di 2016 diperkirakan hanya 969.100 unit, turun 4,3% dari realisasi total penjualan tahun 2015 sebanyak 1.013.000 unit.

Penurunan penjualan itu disebabkan oleh kondisi ekonomi Indonesia yang kian melemah.

Namun kabar baiknya menurut Frost & Sullivan, Indonesia masih mempertahankan posisinya sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper