Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Toyota Pertahankan Pangsa Pasar 31% di Jawa Tengah

PT Toyota Astra Motor ingin mempertahankan pangsa pasar di Jawa Tengah yang mencapai 31% dengan membangun dan melakukan pengembangan outlet
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor ingin mempertahankan pangsa pasar di Jawa Tengah yang mencapai 31% dengan membangun dan melakukan pengembangan outlet.

Outlet yang diresmikan tersebut adalah Nasmoco Siliwangi di Semarang. Sedangkan outlet yang dikembangkan adalah Nasmoco Majapahit di Semarang dan Nasmoco Ring Road di Solo.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, kawasan Jawa Tengah berkontribusi cukup signifikan pada penjualan Toyota yang mencapai 7%.

Selain itu, kawasan Jawa Tengah memiliki pertumbuhan yang baik dari segi ekonomi. Sepanjang triwulan II/2014 perekonomian Jawa Tengah tumbuh sebesar 5,2%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan perekonomian nasional sebesar 5,12%. Pada triwulan III/2014 ekonomi Jawa Tengah bahkan diperkirakan naik menjadi 5,6%.

“Kontribusi kawasan Jawa Tengah terhadap penjualan Toyota itu sekitar 7%. Pangsa pasar kami di sana mencapai 31% dan ingin kami pertahankan. Ini daerah potensial karena kontribusinya dengan ekonomi yang terus tumbuh,” kata Samulo kepada Bisnis, Kamis (30/10).

Pertumbuhan ekonomi ini didukung sejumlah faktor, sepert perbaikan tingkat konsumsi masyarakat dan meningkatnya ekspor sejalan dengan mulai membaiknya perekonomian global. Pertumbuhan pun disokong oleh potensi daerah yang ada.

Khususnya di Semarang,  market share Toyota mencapai 34,8% dengan penjualan rata-rata 637 unit per bulan. Hal ini didorong oleh sektor agrikultur, pariwisata, dan juga pengembangan infrastruktur di Jawa Tengah. Bahkan potensi infrastruktur Jawa Tengah ada pada urutan keempat setelah DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Jawa Timur.

Sedangkan di Solo Toyota berhasil membukukan penjualan rata-rata 376 unit per bulan, dengan market share sebesar 30,9%. Hal ini tersokong oleh faktor pariwisata dan industri tekstil khususnya Industri Batik.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis, pada 2013 Jawa Tengah berkontribusi sekitar 7,2% terhadap penjualan otomotif nasional. Pada tahun itu pasar di sana mencapai 76.750 unit dari total pasar domestic sebanyak 1,229 juta unit.

Nasmoco Siliwangi menurut Samulo merupakan outlet pertama Toyota di Indonesia dengan konsep flagship. Outlet tersebut diklaim menampilkan keunikan dan teknologi Toyota. Di sana pelanggan dapat merasakan pengalaman yang berbeda dengan melihat kendaraan display yang khusus dihadirkan di outlet tersebut.

Sedangkan Nasmoco Ring Road  merupakan outlet pertama Toyota di kota Solo dengan fasilitas terlengkap yang meliputi penjualan, layanan servis, serta bodi dan cat.

Selain itu, Toyota pun meresmikan satu fasilitas khusus bernama pusat layanan dyna, yang berada di outlet Nasmoco Kaligawe di Semarang. Pusat pelayanan tersebut menyediakan seluruh layanan lengkap kebutuhan kendaraan komersil bagi pelanggan Toyota.

“Kaligawe itu jalur logistic. Dilalui kendaraan niaga,” ujarnya.

Saat ini Toyota sudah mempunyai total 271 jaringan layanan resmi, yang tersebar di seluruh wilayah di nusantara. Menurut Samulo, hingga akhir 2014 total jaringan akan mencapai sekitar 275 outlet yang akan diresmikan di Jawa dan Sulawesi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper