Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Pemenang Kompetisi Irit Bahan Bakar Truk Volvo

Bisnis.com, BANDUNG - Pengemudi perusahaan tambang PT Graha Prima Energy, Rudi Ananta memastikan dirinya melenggang ke level regional kompetisi Volvo Truck Fuelwatch. Ini merupakan ajang adu irit bahan bakar truk Volvo yang umumnya digunakan untuk kendaraan

Bisnis.com, BANDUNG - Pengemudi perusahaan tambang PT Graha Prima Energy, Rudi Ananta memastikan dirinya melenggang ke level regional kompetisi Volvo Truck Fuelwatch. Ini merupakan ajang adu irit bahan bakar truk Volvo yang umumnya digunakan untuk kendaraan pertambangan.

Rudi membukukan nilai tertinggi pada sesi final yang bertempat di Kota Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/8/2013). Dia bersaing dengan dua finalis lain, yaitu Amiruddin dari PT Newmont Nusa Tenggara, dan Akhbar dari PT Riung Mitra Lestari, masing-masing menempati podium kedua dan ketiga.

Setelah memenangkan kejuaran di dalam negeri, Rudi akan berangkat mewakili Volvo Trucks Indonesia ke Brisbane, Australia, untuk berkompetisi dengan finalis dari Asia Pasifik dan Australia lainnya pada 21 Oktober 2013. 

Managing Director Volvo Trucks Indonesia Pierre Jean Verge-Salamon menyatakan Rudi memiliki kelebihan dalam teknik pengoperasian kendaraan kendati kemampuan efisiensi bahan bakarnya dengan Amiruddin setara.

"Pemenang pertama dan kedua memiliki keiritan bahan bakar sama yakni 3,8 liter dengan jarak jempuh 4,2 kilometer dan berat muatan truk 35 ton," katanya saat pengumuman pemenang lomba, Selasa (20/8/2013).

Adapun pemenang ketiga mencatat efisiensi bahan bakar 4,3 liter. Ini menunjukkan pengemudi dengan kemampuan berkendara baik mampu menekan konsumsi bahan bakar sebesar 10%.

"Fuelwatch ini kompetisi pengembangan potensi. Kami tahu, jika seseorang termotivasi akan jadi lebih terbuka dalam mengembangkan kemampuannya," ucap Pierre lagi.

Pada Mei 2013, Volvo telah mengadakan final on-road yang dimenangkan Hendro Tjahyono. Bersama Rudi mereka akan melaju ke final Fuelwatch APAC 2 bulan mendatang.

Kejuaraan Volvo Trucks Fuelwatch 2013 diikuti 100 pengemudi truk Volvo dari lima lokasi berbeda. Semua peserta telah mengikuti kelas pelatihan yang meliputi teknik mengemudi secara efisien, aman dan defensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper