Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Test Drive Innova Zenix Hybrid: Tenggak Bioetanol Performa Tetap Gaspol

Performa dari Innova Zenix Hybrid tetap impresif meskipun diisi bahan bakar bioetanol dengan kadar 100% alias E100
Penampakan Toyota Kijang Innova Zenix berpelat SCV 1 di  gedung VIP Bandara Soekarno Hatta, Selasa (3/9/2024) / BISNIS - Artha Adventy
Penampakan Toyota Kijang Innova Zenix berpelat SCV 1 di gedung VIP Bandara Soekarno Hatta, Selasa (3/9/2024) / BISNIS - Artha Adventy

Bisnis.com, JAKARTA - Kijang Innova Zenix milik PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah naik daun saat ini, terutama setelah ditumpangi oleh Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Bisnis berkesempatan untuk menjajal langsung alias test drive Innova Zenix Q Hybrid di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat pada Kamis (5/9/2024).

Secara mengejutkan, performa dari Innova Zenix Hybrid itu cukup impresif meskipun diisi bahan bakar bioetanol dengan kadar 100% alias E100. Perlu diketahui, bioetanol merupakan bahan bakar nabati (BBN) yang berasal dari tebu, jagung, singkong maupun sorgum.

Pengujian dilakukan pada lintasan lurus sepanjang kurang lebih 500 meter. Diawali dengan menginjak gas dalam-dalam, torsi yang dihasilkan pun cukup besar.

Pada kecepatan 0-100 km per jam, ditempuh dalam waktu kira-kira kurang dari 10 detik. Sementara itu, berhubung lintasan trek yang tersedia tidak terlalu panjang, maka top speed yang dicapai sebesar 120 km per jam.

Tak hanya itu, pada test drive kali ini saat melewati jalanan bergelombang, suspensi Innova Zenix Hybrid juga terasa cukup stabil.

Menilik spesifikasinya, Innova Zenix terdiri dari dua varian, yakni tipe hibrida (hybrid electric vehicle/HEV), dan varian bensin.

Untuk versi bensin, Innova Zenix dibekali mesin berkode M20A-FKS 2.0 liter. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 171 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm di putaran 4.500 – 4.900 rpm. Untuk transmisinya menggunakan CVT.  

Sementara itu untuk Innova Zenix versi hybrid dibenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400 – 5.200 rpm. 

Dari segi dimensi, Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm.

Adapun, dari sisi eksterior mobil ini mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) atau lebih tepatnya TNGA: GA-C dengan struktur monokok.

Untuk harga, Innova Zenix bensin tipe G dibanderol mulai Rp430,4 juta, sedangkan tipe V dipatok mulai Rp476,2 juta. Sementara itu, Innova Zenix Hybrid dihargai senilai Rp477,6 juta.

Kendati demikian, untuk unit yang full 100% menggunakan etanol saat ini masih model konsep dan belum dipasarkan secara massal oleh Toyota. Sebab, saat ini bahan bakar etanol yang tersedia di Indonesia masih dengan campuran 5%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper