Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Mobil Hybrid Rp400 Jutaan, Penantang Innova Zenix

Sederet mobil hybrid Rp400 jutaan yang jadi penantang Innova Zenix
Suzuki All New Ertiga Hybrid. /SIS
Suzuki All New Ertiga Hybrid. /SIS

Bisnis.com, JAKARTA - Sederet mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEV) dipasarkan seharga Rp400 jutaan menjadi incaran konsumen. Sebab, varian hybrid masih dapat menggunakan bahan bakar bensin, jika baterai listrik mengalami kehabisan daya saat di perjalanan.

Sejauh ini, Kijang Innova Zenix milik PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menjadi pemimpin segmen hybrid dengan penjualan tembus 2.906 unit pada Juli 2024.

Adapun, harga Innova Zenix Hybrid dibanderol senilai Rp477,6 juta. Mobil tersebut termasuk kategori multi-purpose vehicle (MPV) dan dapat mengangkut hingga 7 penumpang dewasa.

Menilik spesifikasi singkatnya, Innova Zenix versi hybrid dibenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 149 tenaga kuda (horse power/hp) pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400 – 5.200 rpm. 

Dari segi dimensi, Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Adapun, dari sisi eksterior mobil ini mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture).

Wuling Almaz Hybrid

Kendati demikian, ada sejumlah model mobil hybrid lainnya yang dibanderol seharga kisaran Rp400 jutaan. Misalnya, merek asal China, Wuling Almaz RS Pro Hybrid dipasarkan dengan harga mulai Rp442 juta.

Dapur pacu Wuling Almaz Hybrid dibekali transmisi teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) untuk meneruskan dan membagi daya antara mesin bensin 2.000 cc, motor penggerak 123 hp, serta motor generator 130 kW secara cepat.

Dari segi eksterior, Wuling Almaz ini memiliki desain yang terkesan tangguh layaknya sport utility vehicle (SUV) pada umumnya, dengan aksen krom pada grill depan.

Berbagai teknologi canggih yang disematkan dalam Wuling Almaz Hybrid di antaranya yaitu Wuling Interconnected Smart System (WISE), hingga Wuling Indonesian Command (WIND).

Suzuki Ertiga Hybrid

Selanjutnya, ada juga merek Jepang, Suzuki Ertiga Hybrid yang masuk dalam segmen Low MPV dibanderol dengan harga di kisaran Rp300 juta.

Dari sisi spesifikasinya, Suzuki Ertiga Hybrid dibekali  K15B 1.462 cc DOHC 4 Cylinder VVT. Jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 77 kW atau 104,7ps per 6.000 rpm.

Beberapa fitur yang tersedia di Suzuki Ertiga Hybrid yakni Anti Lock Braking System (ABS), Electonic Stability Programme (ESP), Hill Hold Control (HHC), hingga Dual SRS Airbags.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler