Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Spesifikasi Innova Zenix, Mobil yang Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia

Spesifikasi Innova Zenix, mobil yang dipakai Paus Fransiskus di Indonesia
Ini Spesifikasi Innova Zenix, Mobil yang Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia / Astraotoshop
Ini Spesifikasi Innova Zenix, Mobil yang Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia / Astraotoshop

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus akan menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3 sampai 6 September 2024.

Ketua Panitia Pelaksana Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus, Ignasius Jonan mengonfirmasi bahwa Paus Fransiskus akan naik mobil penumpang selama di Jakarta.  

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus [Fransiskus selama di Jakarta] itu adalah Toyota Kijang Innova Zenix, ya," ujar Jonan dikutip, Senin (2/9/2024).

Sementara itu, Jonan mengatakan popemobile atau jeep Maung yang diproduksi oleh PT Pindad tetap digunakan untuk inspeksi menyapa umat saat misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Kamis malam (5/9/2024).  

"Oh, kalau yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau Misa Agung di GBK," jelasnya. 

Spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix

Menilik spesifikasinya, Innova Zenix terdiri dari dua varian, yakni tipe hibrida (hybrid electric vehicle/HEV), dan varian bensin.

Untuk versi bensin, Innova Zenix dibekali mesin berkode M20A-FKS 2.0 liter. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 171 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm di putaran 4.500 – 4.900 rpm. Untuk transmisinya menggunakan CVT.  

Sementara itu untuk Innova Zenix versi hybrid dibenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400 – 5.200 rpm. 

Dari segi dimensi, Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm.

Adapun, dari sisi eksterior mobil ini mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) atau lebih tepatnya TNGA: GA-C dengan struktur monokok.

Sementara itu dari sisi interior, konfigurasi kabin mobil ini memiliki ruang kabin yang luas, Innova Zenix dapat mengangkut  hingga 7 penumpang dewasa. Fitur kenyamanan, selain panoramic sunroof, Innova Zenix juga sudah disematkan fitur lain yang bisa memberi kenyamanan pada pengemudi dan para penumpang ketika berkendara. 

Khusus varian V dan Q, terdapat head unit 9/10 inch dengan konektivitas ponsel pintar, TFT MID 7 inch, dual 10 inch rear seat entertainment, wireless charger, power backdoor, dan lain-lain.

Untuk harga, Innova Zenix bensin tipe G dibanderol mulai Rp430,4 juta, sedangkan tipe V dipatok mulai Rp476,2 juta. Sementara itu, Innova Zenix Hybrid dihargai senilai Rp477,6 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler