Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rawan Macet, CIMB Niaga Finance Perketat Kredit Kendaraan

Di sisi lain, CIMB Niaga Finance juga menggulirkan program menarik buat menggaet konsumen otomotif.
Kredit kendaraan bermotor atau kredit mobil/Image by xb100 on Freepik
Kredit kendaraan bermotor atau kredit mobil/Image by xb100 on Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) atau CIMB Niaga Finance berupaya untuk menjaga kesehatan portofolio termasuk memberikan kredit kendaraan bermotor dengan sejumlah strategi.

Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman mengatakan strategi yang disiapkan adalah dengan melakukan pemutakhiran sistem scoring dalam menentukan, dan memastikan kualitas nasabah yang disetujui adalah yang mempunyai tingkat resiko terkendali.

Selain itu, CNAF juga aktif mengingatkan debitur terkait pembayaran angsuran lebih awal melalui fasilitas Whatsapp dan panggilan suara. Pengembangan pengembangan teknologi panggilan suara juga dilakukan dengan mempergunakan suara robot serta memperkuat proses KYC nasabah.

“CNAF juga akan menambah channel dan metode pembayaran angsuran agar akses pembayaran angsuran menjadi lebih mudah terjangkau di masyarakat,” katanya kepada Bisnis, Selasa (25/6/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan Non Performing Loan (NPF) CNAF di bulan Mei 2024 adalah 1.33% atau turun jika dibandingkan dengan periode bulan Mei 2023 yaitu 1.46%, terjadi penurunan sekitar 13bps.

Sampai dengan Mei 2024 penyaluran pembiayaan baru untuk kendaraan baru di CNAF tercatat Rp973,13 Miliar atau meningkat 23% dari Rp793,70 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Jika dilihat dari unit, mengalami kenaikan 26% dari 2.492 unit pada Mei 2023 menjadi 3.149 unit pada Mei 2024,” tuturnya.

Adapun, CNAF telah menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 60 merek kendaraan roda empat. Insentif dan progam yang menarik kepada dealer juga diberikan untuk memuluskan penyaluran pembiayaan.

Insenitf yang diberikan berupa bunga mulai dari 0% sesuai tingkat risiko nasabah, kecepatan proses yang bisa dilakukan hanya dalam 1 jam, serta kemudahan dari dokumen yang hanya membutuhkan salinan KTP, dan NPWP untuk segmen nasabah medium dan low risk.

“CNAF memberikan syarat pengajuan pembiayaan dengan proses yang cepat dan mudah sehingga nasabah atau calon nasabah dalam melakukan pengajuan kredit dimana proses akuisisi dapat dilakukan secara cepat, mudah dan dokumen yang simpel,” jelasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper