Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecanggihan Limosin Aurus Hadiah Putin ke Kim Jong Un, Anti Peluru Hingga Bom

Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan hadiah mobil mewah Limosin Aurus buatan Rusia kepada Presiden Korea Utara Kim Jong Un dalam kunjungannya.
Limosin Aurus yang diberikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Presiden Korea Utara Kim Jong Un/Aurus
Limosin Aurus yang diberikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Presiden Korea Utara Kim Jong Un/Aurus

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan hadiah mobil mewah Limosin Aurus buatan Rusia kepada Presiden Korea Utara Kim Jong Un dalam kunjungannya pada Rabu (19/6/2024). 

Tak hanya itu, Putin juga turut memberi hadiah berupa belati Angkatan Laut Rusia dan satu set teh. Kremlin menyatakan bahwa pemberian hadiah mewah tersebut dalam rangka mempererat hubungan kedua negara. 

Dalam kesempatannya, Kim Jong Un bergantian berkendara dengan Putin.

Video yang dirilis secara resmi oleh siaran televisi Pemerintah Rusia menunjukkan Putin menduduki bagian kemudi Aurus yang merupakan mobil resmi kepresidenannya di Rusia, sementara Kim Jong Un duduk di kursi penumpang.

Setelah itu, Kim Jong Un sebaliknya ditampilkan mengantar Putin kembali. Kedua pemimpin negara tersebut tampak menikmati momen tersebut sembari menunjukkan kedekatan hubungan kerja antara Rusia dan Korea Utara. 

Sebagai imbalannya, Kim Jong Un memberikan hadiah kepada Putin beberapa karya seni berupa patung yang disebut-sebut “berhubungan dengan citranya”. 

“Pemberian Kim kepada Putin cukup terampil,” kata Ajudan Kremlin, Yuri Ushakov, dikutip dari laman TASS (21/6/2024).

Diketahui, Putin sebelumnya pernah memberikan satu buah mobil mewah Limosin Aurus pada kunjungannya di bulan Februari lalu. 

Namun saat itu, pengiriman hadiah dinilai melanggar sanksi  oleh Dewan Keamanan PBB yang melarang untuk memasok barang-barang mewah termasuk semua kendaraan transportasi ke negara tersebut.

Mobil mewah Limosin Senat Aurus merupakan mobil bergaya retro seperti Limosin ZIL era Soviet. Mobil ini termasuk ke dalam mobil resmi kepresidenan Rusia yang biasa digunakan Putin dalam beberapa acara kenegaraan. Putin terlihat mengendarai mobil tersebut terakhir pada upacara pelantikan di Kremlin pada bulan Mei 2024.

Melansir dari laman resmi Aurus Motors, mobil Limosin Senat Aurus didesain dengan lapis baja yang dapat memberikan tingkat perlindungan yang tinggi kepada penumpang. Mobil ini memiliki bobot keseluruhan 7,2 ton dan panjang 6,7 meter.

Pada Desember 2019, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia mengatakan bahwa produksi serial mobil Limosin Aurus ditaksir dari harga 18 juta rubel atau setara dengan Rp3,35 miliar.

Fitur yang terdapat di dalam mobil kepresidenan ini di antaranya, sistem kompresi udara untuk menahan serangan gas, layar konferensi TV/video yang canggih, jendela mobil disertai kamera, armor untuk menahan ledakan dan tembakan dari sudut manapun, dan ban anti peluru.

Selain itu, mobil ini didesain dengan tirai jendela mobil, yang mana penumpang tetap dapat melihat apa yang terjadi di luar kendaraan secara real-time melalui rekaman CCTV langsung yang ditayangkan di layar internal. Terdapat pula pintu keluar melalui bagian belakang yang di desain untuk pintu keluar saat keadaan darurat.

(Nona Amalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper