Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjelasan Honda soal Sabuk Besi Transmisi Mobil CVT Putus

Honda memberikan penjelasan mengenai sabuk besi transmisi mobil CVT yang rentan putus dan menjadi perhatian para konsumen.
Pengunjung mengamati mobil yang dipamerkan di galeri Honda,  Jakarta, Selasa (10/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Pengunjung mengamati mobil yang dipamerkan di galeri Honda, Jakarta, Selasa (10/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Konsumen yang memiliki mobil Honda dengan transmisi CVT memberikan perhatian ekstra terhadap sabuk besi yang kerap putus. Pihak Honda angkat bicara mengenai hal ini.

Dalam sebuah konten media sosial diperlihatkan transmisi CVT dari mobil Honda berpotensi mengalami kerusakan pada bagian sabuk, dan berujung putus. Namun, hal ini tentunya bergantung dari karakteristik masing-masing pengemudi.

Konten tersebut juga memberikan saran bagi para pengguna mobil Honda dengan transmisi CVT untuk rutin melakukan pemeriksaan setiap 25.000 km.

Menanggapi hal ini, Sales & Marketing and After Sales Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan kerusakan pada CVT tidak selalu mengarah kepada kerusakan pada sabuk besi.

Menurutnya, komponen sabuk besi pada transmisi CVT akan tetap berfungsi secara normal jika perawatan dilakukan berkala sesuai dengan rekomendasi yang terdapat pada buku panduan kendaraan.

Apabila terjadi kendala, maka jaringan dealerresmi Honda akan melakukan analisa terlebih dahulu untuk memastikan komponen yang memerlukan perbaikan atau penggantian. 

“Jika ditemukan adanya kerusakan pada CVT belt, bengkel resmi Honda akan melakukan perbaikan CVT belt untuk memastikan kompatibilitas dari seluruh komponen yang terdapat di dalamnya,” katanya kepada Bisnis, Selasa (21/5/2024).

Dia pun menjelaskan transmisi CVT memiliki sejumlah keunggulan seperti untuk menjaga mesin dalam kecepatan optimal, dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Lebih lanjut, dia mengatakan transmisi CVT cenderung lebih tenang saat berkendara karena mesin tidak perlu bekerja keras untuk memindahkan gigi, sehingga memberikan efisiensi pada penggunaan bahan bakar.

“Menggunakan transmisi CVT bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman karena tidak ada perpindahan gigi yang kasar,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper