Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah EV 2023: Tempat Wisata Harus Punya SPKLU! Candi Prambanan Bisa Dicontoh

SPKLU di kompleks Candi Prambanan ini sempat diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. /Bisnis-M. Faisal Nur Ikhsan
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. /Bisnis-M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, SLEMAN - Pengelola destinasi pariwisata di Tanah Air perlu semakin terbuka terhadap potensi green tourism, minimal dengan mulai menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantong parkirnya masing-masing.

Pasalnya, seiring perkembangan kendaraan listrik (EV) dengan teknologi jarak tempuh yang lebih canggih, penjualannya yang terus bertumbuh, serta infrastruktur pendukung yang semakin mumpuni, tentu akan banyak pengguna EV yang berminat pergi berwisata menggunakan kendaraannya.

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia mencoba mensimulasikan situasi tersebut dalam program berkendara pulang-pergi dari Jakarta menuju Surabaya bersama Toyota BZ4X BEV selama beberapa hari ke depan. 

Kami berkesempatan mampir ke Candi Prambanan untuk menjajal seperti apa rasanya membawa EV sembari berwisata melalui perjalanan darat pada Rabu (6/12/2023). 

Sejak berangkat dari Jakarta pada Senin (4/12/2023) malam, Tim Jelajah sempat mengisi baterai di kawasan Cirebon dan Semarang, berkeliling kota sebentar, kemudian melanjutkan perjalanan ke kompleks percandian yang berada di kawasan Sleman, Yogyakarta itu. 

Berdasarkan pandangan kami, papan arah penunjuk lokasi SPKLU sudah tergambar jelas sebelum memasuki kawasan pintu masuk. Ini terbilang baik, karena membantu memudahkan para pengguna EV yang butuh mengisi baterai sembari berwisata. 

Baterai mobil SUV listrik yang dikendarai Tim Jelajah masih tersisa sekitar 40%, ketika kami memasuki SPKLU milik PLN yang berada di area parkir Candi Prambanan itu.

Ketika kami datangi, SPKLU tipe 60 kW yang memiliki 1 konektor AC dan 2 konektor DC itu memang tampak berdebu. Namun, mesin bisa beroperasi secara sempurna, tanpa masalah sejak pertama kali mencoba.

Kami pun memutuskan untuk membeli 20 kWh dengan total biaya akhir Rp52.750 dan waktu tunggu sekitar 1 jam 40 menit. Selama menanti, kami memutuskan untuk berjalan-jalan ke dalam kompleks candi, sembari berswafoto ria untuk mengabadikan momen. 

Kondisi pengisian daya baterai pun bisa terpantau lewat aplikasi. Ini membuat kami bisa memanfaatkan waktu tunggu secara efisien, kemudian bergegas melanjutkan perjalanan dengan hati yang tenang selepas proses charging selesai.

Sebagai informasi, SPKLU di kompleks Candi Prambanan ini sempat diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, bersamaan dengan peresmian SPKLU serupa di kompleks Candi Borobudur pada pertengahan 2022.

Ini merupakan upaya untuk mendorong konsep green tourism pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia, terutama dari sisi transportasi.

Sekadar info, green tourism merupakan konsep pariwisata yang mendukung penggunaan energi bersih, visi berkelanjutan, dan aktivitas-aktivitas ramah lingkungan.

"Ini juga bisa menjadi bukti bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kendaraan listrik dan menciptakan energi bersih," ujar Luhut kala itu.

Sebagai informasi, Bisnis Indonesia Group berinisiatif menggelar program Jelajah EV untuk pertama kalinya, sebagai wujud peran aktif Bisnis Indonesia Group dalam menyampaikan informasi mengenai perkembangan ekosistem EV di Indonesia.

Tim Jelajah EV 2023 Bisnis Indonesia akan melakukan reportase langsung ke berbagai daerah. Sebanyak dua tim akan menempuh rute berbeda, yakni Jakarta–Surabaya dan Jakarta–Pulau Obi di Maluku Utara.

Tim Jelajah akan memotret berbagai dinamika pengembangan ekosistem EV, berikut peluang dan tantangan yang dihadapi, mulai dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper