Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Mau Kalah, AHM Berikan Garansi Rangka 5 Tahun

Seluruh sepeda motor baru yang diterima oleh konsumen sejak 25 Oktober 2023 mendapatkan garansi resmi rangka hingga 5 tahun tanpa batas jarak tempuh.
Mekanik Honda melakukan servis motor /AHM
Mekanik Honda melakukan servis motor /AHM

Bisnis.com, TANGERANG — PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan garansi selama 5 tahun untuk produk sepeda motor yang menggunakan rangka eSAF seperti Beat, Genio, Scoopy, dan Vario 160cc.

Seluruh sepeda motor baru yang diterima oleh konsumen sejak 25 Oktober 2023 mendapatkan garansi resmi rangka hingga 5 tahun tanpa batas jarak tempuh. Periode baru masa garansi juga berlaku untuk seluruh model sepeda motor yang dipasarkan oleh AHM.

Executive Vice President PT AHM Thomas Wijaya mengatakan seluruh konsumen juga dapat mengunjungi bengkel resmi AHASS untuk melakukan layanan cek rangka dan juga memastikan kondisi motornya. Layanan ini pun telah dibuka sejak Agustus 2023.

“Kami selalu komitmen untuk dapat terus menangani setiap keluhan konsumen sepeda motor Honda dengan sangat serius,” ujar Thomas di ICE BSD, Tangerang, Rabu (25/10/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan seluruh proses pemeriksaan dan juga penanganan termasuk untuk rangka bebas biaya alias gratis untuk seluruh konsumen. Para pelanggan cukup melakukan booking service atau datang langsung ke AHASS untuk mendapatkan layanan ini.

Selain itu, AHM juga memberikan jaminan garansi dengan perpanjangan jarak tempuh pada komponen injeksi PGM-FI selama 5 tahun atau 60.000 km, garansi mesin 3 tahun atau 36.000 km, garansi kelistrikan, dan komponen rangka 1 tahun atau 12.000 km.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebelumnya melakukan penelitian terhadap rangka eSAF motor Honda sejak Agustus hingga September 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyebut tim peneliti mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat (1/9/2023).

"Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," katanya dalam siaran pers, Jumat (15/9/2023).

Tim peneliti telah melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan. Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.

Hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik AHM menunjukkan struktur rangka dapat dikatakan eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper