Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Acara Ikaxa, Luhut Minta Wuling Tekan Harga Mobil Listrik

Menko Marves Luhut Pandjaitan meminta Wuling memproduksi mobil listrik dengan harga di bawah Rp200 juta, yang sebenarnya telah diisi Wuling Air ev Lite.
Warga pemilik mobil Wuling Air ev mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Jakarta pada Rabu (5/4/2023).JIBI/Bisnis-Abdurachman
Warga pemilik mobil Wuling Air ev mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Jakarta pada Rabu (5/4/2023).JIBI/Bisnis-Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Wuling Indonesia terus mengeluarkan produk mobil listrik dengan harga di bawah Rp200 juta.

Pada paparannya dalam acara "Seminar Nasional Ikaxa 2023", dia mendesak Wuling Indonesia dapat memproduksi mobil dengan harga tersebut. 

“Wuling ini saya tekan bisa tidak di bawah Rp200 juta? Mereka lagi mengerjakan ini sekarang,” ujar Luhut di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan pihaknya menilai pasar untuk kendaraan listrik memiliki potensi yang cukup besar. Dia pun menyebut fokus Wuling saat ini adalah untuk produk Air ev.

Sementara untuk produk lainnya dengan harga terjangkau, dia menyebut masih membutuhkan riset dan juga studi kelayakan agar produk yang dikeluarkan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, serta menguntungkan perusahaan.

“Kami pasti melihat produk-produk yang lain, tetapi produknya apa sama kapan lihat nanti. Saya belum bisa ngomong sekarang produk apa dan kapan karena itu pasti membutuhkan riset dan feasibility studies,” ujar Dian di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Dia pun menyebut sejatinya Wuling Indonesia sudah memiliki produk dengan harga di bawah Rp200 juta melalui Wuling Air ev Lite yang dibanderol seharga Rp188,9 juta.

Sejatinya harga untuk Air ev Lite menembus Rp206 juta, tetapi dengan adanya insentif pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 1 persen, harga on-the-road (OTR) kemudian turun menjadi Rp188,9 juta.

“[Harga Air ev Lite] di luar PPN kan tidak berbeda jauh, sekitar Rp200 juta, dan dengan subsidi itu kan sebenarnya menjadi Rp188,9 juta,” tuturnya.

Adapun demi meluncurkan harga Air ev Lite yang lebih murah dari varian Air ev lainnya, Wuling melakukan beberapa pemangkasan seperti warna yang hanya menerapkan single tone, sedangkan.

Kemudian dari desain interior salah satu fitur yang disesuaikan adalah jumlah air bag untuk Air EV Lite hanya tersedia untuk pengemudi.

Fitur lainnya yang dihapus pada Air EV Lite ini adalah perintah suara atau voice command, kamera parkir belakang, dan remote control untuk My Wuling Plus.

Kegiatan ini secara khusus digelar Ikatan Alumni SMA Xaverius 1 Palembang (“IKAXA”) di Puri Agung Convention Hall – Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta. Seminar mengangkat tema “Kendaraan Listrik, Potensi dan Tantangannya di Indonesia” disambut antusiasme para partisipan.

Ketua Umum IKAXA, Agus Jayadi Alwie mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya kontribusi dari para alumni untuk menyajikan pembahasan yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

“Seminar ini sangat penting sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman kebijakan mengenai kendaraan listrik dalam rangka mendukung pembangunan nasional,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper