Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dan Harganya

Oli motor harus diganti dalam kurun waktu tertentu agar performa motor tetap prima. Berikut rekomendasi oli motor matic terbaik yang bisa jadi pilihan.
Oli motor matic/Evalube
Oli motor matic/Evalube

Bisnis.com, JAKARTA - Penggantian oli motor matic harus dilakukan secara rutin, sesuai dengan kondisi penggunaan motor itu sendiri. Hal ini untuk menjaga performa motor matic agar tetap prima, sehingga kendaraan tersebut nyaman dan aman Ketika digunakan. Penting untuk memilih oli yang tepat dan berkualitas, agar oli tersebut bisa bekerja secara maksimal pada mesin motor matic. 

Yang perlu kamu ketahui dalam memilih oli motor matic adalah kekentalan yang memang dibutuhkan oleh mesin sesuai anjuran pabrikan. Jika motor kamu dianjurkan menggunakan oli dengan kekentalan 10W – 30, maka usahakan menggunakan tingkat kekentalan yang sama ketika ganti oli. 

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai oli motor matic yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Top 1 Action Matic 

top 1 action rekomendasi oli motor matic
top 1 action rekomendasi oli motor matic

Pelumas berbahan dasar sintetik ini sangat direkomendasikan untuk mesin dengan kopling kering seperti motor skuter matik (skutik). Oli TOP 1 Action Matic memiliki kandungan sintetik yang lebih tinggi, sehingga membuat usia pakainya lebih lama dibandingkan produk sejenis.

Pelumas ini juga telah memiliki standar JASO dan API yang telah disesuaikan untuk motor-motor terbaru. Ukurannya pun ada yang 1 liter dan 0,8 liter. Terkait harga, biasanya pelumas ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 45 ribuan.

Repsol Moto 4T 10W – 30 Matic

repsol moto 4t
repsol moto 4t

Repsol Moto 4T 10w30 Matic bisa jadi solusi buat kamu yang ingin menggunakan oli yang bagus untuk motor matic. Pelumas satu ini diklaim cocok digunakan untuk motor matik biasa maupun matik injeksi yang beredar di Tanah Air. epsol Moto 4T 10W-30 ditawarkan dalam kemasan 0,8 liter. Terkait harga, produk ini ditawarkan dengan rentang harga Rp 40 ribuan.

Motul Scooter LE 10w30 

motul scooter le 10 w30
motul scooter le 10 w30

Motul Scooter LE 10W-30 diklaim cocok untuk motor matic terbaru maupun lawas. Produk ini biasanya ditawarkan dalam ukuran 0,8 liter dengan banderol sekitar Rp 70 ribuan.

Federal Matic Ecomaxx 30

federal matic ecomaxx
federal matic ecomaxx

Federal Matic Ecomaxx 30 direkomendasi untuk motor-motor baru atau usia pemakaian motor di bawah 5 tahun. Pelumas ini cocok untuk motor matik berkubikasi 125 cc hingga 150 cc.

Untuk menjaga performa mesin, sebaiknya rutin mengganti oli mesin setiap 2.000 KM atau 2 bulan sekali. Penurunan performa pelumas dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi jalan (geografis), debu, macet, bahan bakar, udara panas, dan pola berkendara.

Yamalube Super Matic

oli motor matic terbaik yamalube
oli motor matic terbaik yamalube

Oli ini juga mampu meredam suhu panas dari mesin motor dengan sangat baik sampai membuat performa motor lebih optimal. Pelumas Yamaha itu juga telah memenuhi standar JASO MB, sehingga oli motor matic ini sangat cocok untuk semua matik dari Yamaha, contohnya Yamaha Mio, Yamaha Xeon, Mio Soul GT, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, Mio 125 M3, dan Yamaha X Ride.

Jenis Oli Motor Matic

  • Oli mesin

Penggunaan oli mesin ini bertujuan untuk melumasi mesin motor agar tak menimbulkan gesekan dan menghilangkan karat, menjaga temperatur suhu mesin agar tetap normal dan tak overheat, serta membuat awet motor sehingga masa pakainya jadi lebih lama.

  • Oli CVT

Oli CVT berguna untuk melumasi komponen transmisi matic agar saat bergesekan tak membuat mesin menjadi overheat serta tak menimbulkan kerusakan. Berkat oli CVT juga gerakan transmisi pada motor matic jadi terasa lebih halus.

Harga Oli Gardan Motor Matic

  • Oli Gardan AHM Honda

Oli gardan merk AHM untuk motor matic honda ini terdapat 2 varian / tipe yaitu semi syntetic (botol putih) dan Full Syntetic (botol merah) Meskipun sama sama produk honda dan memiliki kapasitas 120 ml namun botol merah di jual lebih mahal di bandingkan botol putih. 

Harga: Rp. 12.500,-/pc (botol putih) & Rp. 15.500,-/pc (botol merah)

  • Top 1 Action Matic Gear Oli

Pelumas dengan base oil sintetik blend yang diciptakan untuk melindungi sistem gear pada kendaraan roda 2 , Diciptakan untuk menahan beban ekstrim dan dapat mengakomodir kecepatan tinggi.

Harga: Rp 14.000

  • Castrol Scooter Gear Oli

Oli merk Castrol ini diformulasikan untuk semua skuter matic dengan transmisi CVT otomatis, sehingga menghasilkan perpindahan gear / gigi yang lebih halus / mulus.

Harga: Rp 20.000

  • Yamalube Gear Matic Oli

Yamalube Gear Motor Oil dikembangkan untuk matik 4-tak dan diformulasikan khusus untuk melumasi dan membersihkan transmisi rasio gear dan memberikan perlindungan terhadap gesekan serta kehalusan.

Harga Yamalube Gear Matic Oil:

Volume 100ml : 90793-AJ823 / Rp.12,000

Volume 140ml : 90794-AJ824 / Rp.15,000

Volume 150ml : 90793-AJ829 / Rp.17,000

Waktu Ganti Oli Motor Matic

Umumnya waktu yang ideal untuk mengganti oli pada motor Honda adalah pada jarak tempuh 2000 - 4000 kilometer. Jarak 2000 kilometer sendiri memang disarankan agar performa mesin motor tetap optimal dan stabil.

Jika motor digunakan secara intensif, pemilik motor harus lebih rutin mengganti oli. Umumnya jika jarak harian yang ditempuh oleh motor matic Anda mencapai 200 kilometer, artinya Anda harus mengganti oli mesin setiap 2 minggu sekali. 

Sementara itu untuk oli transmisi atau oli gardan motor matic, jangka waktu penggantiannya lebih lama. Pada penggunaan yang normal, Anda cukup mengganti oli gardan setiap 12 ribu kilometer sekali atau setiap 12 bulan sekali. Untuk motor dengan pemakaian berat atau pemakaian jarak jauh secara reguler sebaiknya waktu penggantian ini dipercepat. 

Itulah beberapa hal mengenai oli motor matic yang perlu kamu ketahui.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper