Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Sedan Melandai Juli 2023, Toyota Sebut Segmennya Masih Penting

TAM sebut pasar untuk segmen mobil sedan masih penting bagi entitas usaha PT Astra International Tbk. (ASII), meski terjadi penurunan penjualan pada Juli 2023.
Toyota Camry. /Toyota Astra Motor
Toyota Camry. /Toyota Astra Motor

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyebut pasar untuk segmen mobil sedan masih penting bagi entitas usaha PT Astra International Tbk. (ASII), meski terjadi penurunan penjualan pada Juli 2023.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil sedan mencapai 199 unit pada Juli 2023, turun 7,44 persen dibandingkan Juni 2023 sebanyak 215 unit.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan penurunan pada Juli 2023 mengalami penurunan akibat banyaknya libur pada Juli 2023. Hal serupa pun juga dialami pada segmen mobil lainnya.

“Wholesales agak turun ya di Juli 2023 untuk sedan, utamanya karena ada banyak libur ya pada bulan tersebut. Relatif mirip dengan segmen-segmen yang lain secara umum ya,” ujar Anton kepada Bisnis, Selasa (5/9/2023).

Dia pun mengakui secara segmen untuk sedang terbilang menjadi yang paling kecil saat ini karena adanya tekanan dari segmen lain seperti SUV dan MPV yang menawarkan kenyamanan layaknya sedan dengan desain yang semakin menarik.

Meski demikian, dia menilai masih ada konsumen yang setia untuk memilih sedan dibandingkan model lainnya lantaran membutuhkan kriteria spesifik dari sedan seperti dari sisi eksklusif maupun preferensi.

Lebih lanjut, dia mengatakan segmen sedan masih menjadi pasar yang penting bagi Toyota seiring model Corolla dan Camry yang diklaim menguasai lebih dari 60 persen pangsa pasar untuk sedan dengan rentang 1.500 cc  sampai 3.000 cc.

Adapun dari penjualan sedan Toyota, tercatat sedan 1.500 cc  sampai 3.000 cc yang terdiri dari beberapa model seperti Corolla dan Camry mencatatkan penjualan sebanyak 145 unit pada Juli 2023.

Sementara untuk model Vios yang masuk kategori sedan lebih dari 1.500 cc penjualannya tercatat mencapai 55 unit pada Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper