Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Beat hingga Vario Disebut Rawan Dicuri, AHM Buka Suara

PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa produk yang dipasarkannya, termasuk Honda Beat dan Vario memiliki fitur keamanan yang terus diperbarui.
Pengguna Honda Beat melintas di sudut Jakarta./Honda
Pengguna Honda Beat melintas di sudut Jakarta./Honda

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan, produk yang dipasarkannya memiliki fitur keamanan yang terus diperbarui. Hal ini merespons pernyataan pihak Polsek Tambora yang menyebut Honda Vario dan Beat rawan dicuri.

General Manager Corporate Communication Astra Honda Ahmad Muhibbuddin mengatakan, seluruh sepeda motor Honda yang diproduksi AHM memiliki fitur keamanan bernama Secure Key Shutter dengan teknologi yang terus diperbarui.

Selain itu, beberapa model motor juga telah ditanamkan teknologi terbaru untuk meningkatkan keamanan, seperti fitur keyless dan smart key. Selain itu, fitur keamanan juga dilengkapi alarm anti-maling.

“Tidak menutup kemungkinan hal ini akan terus dikembangkan di masa mendatang,” ujar Muhib dalam keterangan yang diterima Bisnis, Rabu (2/8/2023).

Dia juga tetap mengingatkan para pelanggan AHM untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga kendaraannya. Dia mengingatkan pemilik kendaraan agar tidak meninggalkan kunci pada motor dan mencari tempat parkir yang aman.

Sebelumnya, Kompol Putra Pratama Polsek Tambora menyebut bahwa berdasarkan hasil pengakuan dari pelaku curanmor, model yang sering dijadikan sasaran adalah Honda Vario, Beat, dan Yamaha Mio, hingga Nmax.

Model-model tersebut rawan dicuri lantaran memiliki sistem keamanan yang lemah dan bahkan dapat dicuri dalam waktu kurang dari 5 detik.

“Hal ini disebabkan karena jenis kendaraan itulah yang fitur keamanan atau security system kendaraannya paling lemah,” tutur Putra.

Atas dasar ini, dia pun mengimbau agar produsen berkolaborasi dan ikut bertanggung jawab dalam mencegah curanmor seperti memperbaiki fitur keamanan sepeda motor yang diproduksi.

Sementara itu, masyarakat diimbau untuk menambah kunci ganda dengan standar nasional indonesia (SNI), alarm hingga GPS yang memudahkan untuk menjaga kendaraannya.

“Setiap kelemahan security system yang ditemukan oleh penjahat pada sepeda motor yang mereka produksi, maka mereka harus melakukan perbaikan secara terus menerus atau menjadi sebuah siklus perbaikan yang terus menerus,” tambahnya.

Polsek Tambora menangkap enam tersangka dengan barang bukti sebanyak 18 unit sepeda motor dalam sebuah penangkapan dilakukan terhadap sebuah truk pengangkut sepeda motor curian pada Sabtu (29/7/2023).

Dari hasil penangkapan tersebut, terdapat 18 sepeda motor dengan berbagai model mulai dari jenis Honda Beat, dan Honda Vario.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper