Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Kontributor Terbesar Ekspor Mobil, Kapalkan Mobil Berbasis Listrik

Kinerja ekspor Toyota mengalami pertumbuhan 2,6 persen dibandingkan 136.045 unit pada paruh pertama tahun lalu. P
Peluncuran Toyota Yaris Cross Hybrid dan Gasoline di Jakarta, Senin (15/5/2023) - Bisnis / Anshary Madya Sukma
Peluncuran Toyota Yaris Cross Hybrid dan Gasoline di Jakarta, Senin (15/5/2023) - Bisnis / Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA– Toyota Indonesia masih menopang kinerja ekspor mobil utuh terbesar, dengan porsi 56,2 persen dari total volume 284.004 unit pada semester I/2023.

Tidak hanya itu, Toyota Indonesia pun merangsang ekspor mobil berbasis listrik yakni Yaris Cross Hybrid dan Kijang Innova Zenix. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  kinerja dengan volume ekspor mobil merek Toyota mencapai 139.581 sepanjang Januari hingga Juni tahun ini.

Kinerja ekspor Toyota mengalami pertumbuhan 2,6 persen dibandingkan 136.045 unit pada paruh pertama tahun lalu. Pasar tujuan ekspor pun telah mengakomodir produk-produk berbasis elektrik dari Karawang.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azam mengungkapkan khusus pada tahun ini, ekspor Toyota pun menjadi pionir pengapalan produk berbasis elektrik dari Indoensia. Langkah progresif itu merupakan angin segar tatkala kondisi pasar masih dalam tahap pemulihan pascapandemi.

Keberhasilan inipun mencerminkan transisi pasar dari teknologi kendaraan ICE yang lebih efisien bahan bakar hingga penggunaan kendaraan elektrifikasi, menjadi gaya hidup baru. Saat ini, masyarakat Indonesia dan konsumen global sudah memiliki opsi lebih banyak untuk berpartisipasi nyata melalui kendaraan yang mengusung tingkat emisi CO2 rendah serta memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

“Antusiasme dan apresiasi positif selama Januari hingga Juni 2023 terhadap kehadiran sejumlah lini kendaraan Toyota Indonesia, termasuk primadona baru Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang juga sudah dilengkapi dengan varian elektrifikasi, mencatatkan angka total produksi untuk kebutuhan pasar domestik dan internasional hingga lebih dari 30.500 unit,” ungkap Bob, dikutip Senin (31/7/2023).

Lebih jauh, jelas Bob, pencapaian ini memacu semangat berinovasi serta meningkatkan daya saing SDM nasional untuk menghadirkan kendaraan berteknologi tinggi lainnya. “Ke depannya, kami pun berupaya untuk berkontribusi pada target dekarbonisasi Pemerintah Indonesia dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan beragam kebutuhan pilihan kendarannya masing-masing,” ujarnya.

Terhitung sejak tahun 1987, Toyota Indonesia menjadi salah satu pemimpin ekspor mobil dari Indonesia, dengan jumlah pengiriman hampir 2,5 juta unit ke lebih dari 100 negara. Hal ini didukung oleh besarnya kapasitas produksi pabrik PT TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) yaitu 250 ribu unit per tahun. Beberapa pasar utama ekspor kendaraan bermerek Toyota, antara lain ke Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin, Oceania, dan Australia.

Seiring dengan peningkatan kapabilitas SDM industri otomotif nasional, Toyota Indonesia juga akan terus mempertajam keahlian yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan era elektrifikasi seperti baterai, energi baru terbarukan termasuk hidrogen, konektivitas, serta mempertahankan peran Indonesia sebagai pemain global.

Berikut kinerja ekspor Toyota selama Semester I/2023:

  1.  SUV (Fortuner, Rush, Raize)                                                                 78.102 unit
  2.  MPV (Kijang Innova, Innova Zenix, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz)           49.767 unit
  3. Sedan, Hatchback, LCGC (Yaris, Agya, Yaris Cross)                                 11.712 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper