Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VKTR Siapkan Fasilitas Produksi di Magelang

VKTR terus melanjutkan ekspansi bisnisnya, melalui pengembangan fasilitas pabrik perakitan unit bus dan truk listrik.
Fasilitas produksi VKTR/Istimewa
Fasilitas produksi VKTR/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. terus melanjutkan ekspansi bisnisnya, melalui pengembangan fasilitas pabrik perakitan unit bus dan truk listrik.

Langkah penting ini ditandai dengan telah dimulainya ekspansi fasilitas produksi di Magelang yang merupakan joint venture antara VKTR bersama PT Tri Sakti, melalui perusahaan patungan PT VKTR Sakti Industries.

Pada tahap pengembangan ini PT VKTR Sakti Industries juga berkolaborasi dengan perusahaan konstruksi ternama dari China, Automotive Engineering Corporation (AE Corp).

Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono menjelaskan, fasilitas produksi berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, dengan luas bangunan sebesar 1,8 hektare (Ha) dan menempati lahan seluas 4,05 ha, dengan kapasitas produksi mencapai 1.500 unit per tahun atau sebanyak 6 unit per hari di tahap awal.

Dia menjelaskan fasilitas tersebut akan memiliki kapabilitas untuk perakitan chassis (CKD), perakitan cabin, pengelasan, pengecatan, general assembly, trimming, debugging, retrifikasi untuk body & function test, rear truck body, final audit, serta testing.

“Ekspansi dan pengembangan fasilitas produksi ini adalah bukti kesungguhan kami dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission 2060. Kami berkomitmen untuk secara bertahap meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri hingga 80 persen," ucapnya, Selasa (11/7/2023).

Dia menambahkan, fasilitas eksisting yang ada saat ini sudah siap berproduksi dan bahkan tengah dalam proses menyelesaikan batch pertama bus listrik BYD dengan karoseri lokal. Adapun ekspansi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kapasitas. 

"Kami juga membuka kemungkinan untuk terus menambah kapasitas serta memperluas skala dan fasilitas, seiring dengan peningkatan volume produksi," katanya.

Widodo, pendiri Tri Sakti, menyampaikan bersyukur dapat berkontribusi secara nyata dalam proyek ini. Menurutnya, hal ini menjadi lompatan besar bagi kami, sekaligus menjadi sumbangsih kami bagi Indonesia. 

"Sebagai pabrik kendaraan listrik pertama di bidang heavy mobility dan kendaraan niaga dalam negeri, kami berkomitmen untuk memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan dan mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," ungkapnya.

Adapun, emiten berkode saham VKTR itu adalah perusahaan yang fokus dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility di Indonesia. Bekerja sama dengan perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia BYD Auto, saat ini VKTR tengah memulai ekspansi pengembangan pabrik melalui kemitraan dengan Tri Sakti untuk memproduksi bus listrik dan truk listrik di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper