Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Truk Hino Januari-Mei 2023 Moncer, Berkat Komoditas Tambang & Sawit

Sepanjang Januari-Mei 2023, Hino mencatatkan penjualan truk sebanyak 11.541 unit atau mengalami peningkatan 22 persen secara year-on-year (yoy).
Hino New Generation Ranger FL 235 JW 6x2. /Hino Motors
Hino New Generation Ranger FL 235 JW 6x2. /Hino Motors

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyampaikan bahwa meningkatnya penjualan truk sebesar 9,3 persen pada Januari-Mei 2023 didorong oleh tumbuhnya sektor komoditas secara keseluruhan.

Chief Operating Officer (COO) Hino Motors Santiko Wardoyo mengatakan, peningkatan penjualan truk tersebut sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif. 

“Satu ekonomi kita tumbuh, kita harus berterima kasih Pak Jokowi memang hebat ekonomi Indonesia dan saya melihat seluruh sektor tumbuh dan paling banyak adalah sektor komoditi, baik tambang maupun sawit ini yang paling tinggi,” kata Santiko kepada Bisnis, Senin (7/3/2023).

Santiko menuturkan, peningkatan kinerja sektor komoditas tambang dan kelapa sawit juga berdampak positif terhadap kinerja penjualan perseroan.

Apalagi, saat ini permintaan komoditas nikel yang tengah dicari sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik juga sedang tinggi dan membuat kebutuhan truk di sektor tambang meningkat.

“Tambang dan sawit bagus, memang ada kecenderungan menurun cuman kan kalau sawit musiman ya, kalau tambang ini kan banyak hubungannya dengan politik luar negeri, [apalagi] nikel termasuk tambang ini berpengaruh. Begitu tren naik produksi naik dan ini mereka pasti butuh truk,” tambahnya.

Sepanjang Januari-Mei 2023, Hino mencatatkan penjualan truk sebanyak 11.541 unit atau mengalami peningkatan 22 persen secara year-on-year (yoy). Pada periode yang sama tahun lalu, penjualan Hino hanya mencapai 9.526 unit.

Secara keseluruhan, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales kendaraan komersial truk secara keseluruhan mencapai 34.477 unit sepanjang Januari-Mei 2023 atau naik 9,2 persen dibandingkan dengan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 31.559 unit

Angka penjualan tersebut dikontribusikan dari tiga jenis truk, yakni light truck 22.911 unit atau tumbuh 5,3 persen secara tahunan, diikuti heavy truck 8.701 unit atau meningkat 14 persen, dan medium truck 2.785 unit atau melambung 31 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper