Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Toyota Astra 28.178 Unit pada Mei 2023, Tumbuh 31 Persen

Toyota Avanza tetap memuncaki penjualan Toyota Astra pada Mei 2023 dengan membukukan 5.277 unit.
Toyota All New Avanza hadir dengan transformasi total dari sisi dimensi, sistem penggerak roda, hingga fitur. /TAM
Toyota All New Avanza hadir dengan transformasi total dari sisi dimensi, sistem penggerak roda, hingga fitur. /TAM

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan ke diler atau wholesales sebanyak 28.178 unit pada Mei 2023. Jumlah itu meningkat 31 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Marketing Director Toyota Astra Anton Jimmi Suwandy mengatakan peningkatan penjualan ini disebabkan oleh kembali efektifnya penjualan setelah banyaknya libur pada bulan sebelumnya. Pasalnya, pada April 2023 terdapat momen Hari Raya Idulfitri sehingga hari kerja lebih pendek dibanding bulan lainnya.

Achievement penjualan kami di bulan Mei 2023 ini cukup positif di level 28.178 unit secara wholesales, meningkat signifikan ya 31 persen dibanding bulan April kemarin. Jelas kenaikan ini merupakan dampak banyaknya hari libur di bulan April sehingga penjualan tidak bisa efektif full satu bulan,” kata Anton kepada Bisnis, Senin (12/6/2023).

Secara model, penjualan mobil pabrikan ternama asal Jepang ini didominasi oleh segmen keluarga atau multi-purpose vehicle (MPV) dengan pangsa 59 persen, diikuti segmen SUV sebanyak 20 persen dan hatchback 10 persen.

Adapun, mobil "sejuta umat" yakni Avanza tetap memuncaki penjualan Toyota Astra pada Mei 2023 dengan membukukan 5.277 unit dan pangsa 19 persen, disusul Kijang Innova dan LCGC andalannya, Calya telah bertengger di peringkat “top three” mobil terlaris Toyota pada Mei 2023.

“Untuk komposisinya sendiri, seperti biasa masih di dominasi oleh MPV ya hingga 59%, kemudian disusul oleh SUV sebanyak 20 persen dan Hatchback di angka 10 persen. Terkait top 3 modelnya sendiri ada di Avanza dengan penjualan 5.277 unit 19 persen, Kijang Innova 4.782 unit 17 persen, dan Calya 3.944 14 persen secara wholesales,” tambahnya.

Kemudian, Toyota juga mengharapkan kinerja penjualan otomotif terus melanjutkan tren positif atau setidaknya bisa terus stabil pada bulan-bulan ke depannya.

“Harapannya bulan Juni ini meski sudah lewat dari periode liburan tapi level penjualannya bisa terus stabil dan hasilnya positif,” pungkas Anton.

Sebagai informasi, penjualan mobil Toyota secara global sudah menembus 3,2 juta unit sepanjang Januari-April 2023. Rapor ini telah mengalami peningkatan  2,6 persen secara yoy. Berdasarkan data yang dirilis Toyota Motor Corporation (TMC), kinerja Toyota mengalami penurunan pada pasar mobil di luar Jepang.

Levelnya menyentuh 2,3 persen yoy, atau mencapai 2,5 juta unit. Namun, mengacu data yang sama, koreksi tersebut bisa ditambal oleh rapor penjualan Toyota secara domestik dengan meningkat 35,8 persen, dan mencapai 619.223 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper