Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Listrik Pilihan Warga Amerika, Toyota Hibrid atau Tesla?

Kinerja penjualan kendaraan listrik di Amerika Serikat didominasi oleh jenis hibrida dibandingkan mobil listrik murni (BEV).
Pengunjung melihat-lihat mobil Tesla Model 3 di samping Model Y yang dipajang di showroom./Reuters-Florence Lo
Pengunjung melihat-lihat mobil Tesla Model 3 di samping Model Y yang dipajang di showroom./Reuters-Florence Lo

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja penjualan kendaraan listrik di Amerika Serikat didominasi oleh jenis hibrida asal Jepang dibandingkan mobil listrik murni (BEV) seperti Tesla.

Berdasarkan analisis Kelley Blue Book Brand Watch pada kuartal I/2023, pembeli di AS masih memilih mobil hibrid untuk menjadi moda transportasinya. Perinciannya, kendaraan listrik jenis hibrida masih populer dengan persentase 18 persen, sedangkan untuk BEV hanya 9 persen.

Secara model, survei ini menyampaikan bahwa dari 10 kendaraan listrik yang paling banyak dibeli pada kuartal pertama tahun ini, delapan di antaranya adalah hibrida, dan setengahnya adalah model Toyota.

Honda dan Ford masing-masing memiliki dua entri dari daftar Top 10. Honda CR-V Hybrid, juga berada di posisi teratas di belakang RAV4 Hybrid, peringkat dua. Honda Accord Hybrid berada urutan lima, sedangkan Ford Maverick di posisi empat, dan Escape Hybrid posisi paling buncit yaitu ke 10.

Dalam survei tersebut, pabrikan mobil milik Elon Musk menjadi salah satu model listrik murni yang masuk dalam daftar 10 besar belanjaan teratas. Tesla Model Y menduduki peringkat pertama di antara belanja EV penuh dan No. 8 di antara semua model listrik hibrida.

Penetrasi mobil hibrid ini telah coba dibendung oleh pemerintah Amerika melalui kredit pajak. 

Tahun lalu, Kongres AS mengetok Undang-Undang Pengurangan Inflasi, yang mengizinkan kredit pajak $7.500 atau sebagian dari kredit pajak penuh tersebut pada EV dan plug-in hybrid tertentu. Pada April, aturan ini lebih diperketat untuk mobil dengan TKDN baterai yang tinggi, sehingga membuat beberapa model tersingkir.

Namun, pola belanja sebagian besar masyarakat AS tetap sama. Pertimbangan untuk kendaraan listrik secara total tetap konstan sejak kuartal keempat tahun 2022 hingga saat ini.

Berikut mobil listrik terpopuler di AS dari Kelley Blue Book Brand Watch pada kuartal I/2023 :

  1. Toyota RAV4 Hybrid
  2. C-RV Hybrid
  3. Toyota Highlander Hybrid
  4. Ford Maverick Hybrid
  5. Honda Accord Hybrid 
  6. Toyota Prius Hybrid 
  7. Toyota Camry Hybrid
  8. Tesla Model Y
  9. Chevrolet Bolt EV
  10. Ford Escape Hybrid 

Sebagai informasi, laporan Kelley Blue Book Brand Watch adalah survei persepsi konsumen dalam perilaku berbelanja untuk menentukan bagaimana merek atau model bersaing dengan pesaing segmennya dalam berbagai faktor kunci keputusan pembelian konsumen. Kelley Blue Book menghasilkan laporan Brand Watch triwulanan untuk merek non-mewah dan mewah dan menilai belanja kendaraan listrik – EV penuh, hibrida, dan kendaraan bahan bakar alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler