Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jurus Sukses Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik RI Ala Bamsoet

Bambang Soesatyo menyampaikan untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia diperlukan harga yang terjangkau bagi masyarakat. 
Jurus Sukses Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik RI Ala Bamsoet. /Anshary Madya Sukma
Jurus Sukses Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik RI Ala Bamsoet. /Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyampaikan untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia diperlukan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Dia menyebut Peminat mobil listrik di Indonesia juga sudah mulai meningkat. 

"Saya lihat industri motor mulai tumbuh, banyak orang yang mulai mencarinya begitu juga mobil listrik. Wuling itu waiting list-nya sangat banyak, yang terpenting bagi kita itu, [mobil listrik] harga terjangkau pasti banyak peminatnya," kata Bamsoet di sela rakernas IMI, Sabtu (18/2/2023).

Bamsoet juga menjelaskan bahwa saat ini peminat mobil listrik di Indonesia sudah lengkap menyasar semua kalangan mulai dari level atas hingga entry level.

"Pertama Tesla, harganya tinggi peminatnya lumayan banyak di kalangan atas. Terus Hyundai, harga-harga sedang untuk kalangan menengah. Nah sekarang ada Wuling, kalangan entry level 200-300 juta langsung banyak peminatnya, ribuan yang waiting list," jelasnya. 

Adapun, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara keseluruhan penjualan mobil listrik jenis BEV pada Januari 2023 terpantau lesu karena hanya mampu membukukan 298 unit. Jumlah tersebut meningkat 727 persen atau tumbuh 262 unit secara tahunan (year on year/yoy).

Hyundai berhasil membukukan penjualan Ioniq 5 sebanyak 234 unit. Jumlah tersebut tumbuh signifikan 444 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Kemudian, Wuling Air ev yang sebelumnya selalu menduduki posisi puncak penjualan mobil listrik Tanah Air. Kali ini, mobil buatan perusahaan Negeri Tirai Bambu itu harus puas di posisi kedua penjualan mobil listrik murni.

Pasalnya, kinerja Air ev pada awal tahun ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Mengacu pada data yang sama, Air ev mencatatkan penjualan 35 unit, merosot 98 persen dibanding bulan sebelumnya.

Kemudian posisi selanjutnya dihuni oleh merek mewah dari Toyota, yakni Lexus UX 300e yang berhasil dilego 18 unit, diikuti bZ4X dan Nissan Leaf masing-masing mencatatkan penjualan 7 unit dan 4 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper