Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2022: 9 Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

Berikut 9 mobil listrik yang diluncurkan di Indonesia sepanjang 2022, mulai dari Hyundai, Wuling, Toyota, Mercedes-Benz, KIA, hingga BMW.
BMW iX. /BMW
BMW iX. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA - Tren kendaraan listrik di Indonesia meningkat sepanjang tahun ini dengan beberapa pabrikan otomotif yang meluncurkan mobil listriknya. Alhasil, pilihan mobil listrik di Tanah Air menjadi beragam dan banyak pilihan untuk masyarakat.

Pada 2022, setidaknya ada beberapa pabrikan yang sudah meluncurkan mobil listriknya di Indonesia, antara lain Hyundai, Wuling, Toyota, Mercedes-Benz, KIA, dan BMW.

Harga mobil listrik di Indonesia saat ini pun sudah sangat beragam, mulai dari harga yang ramah di kantong, yaitu Rp200 juta-an hingga mobil listrik kelas premium yang menembus hingga Rp2 miliar lebih.

Berikut 9 mobil listrik yang diluncurkan di Indonesia sepanjang 2022:

1.Hyundai Ioniq 5 (Maret 2022)

Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik yang dirilis di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada akhir Maret 2022. Kehadiran SUV listrik ini banyak menarik perhatian masyarakat di Tanah Air. Kala itu, sebelum Hyundai resmi mengeluarkan harga, surat pemesanan kendaraan (SPK) mobil listrik ini sudah mencapai 800 unit.

Adapun, kendaraan listrik ini juga diproduksi lokal di pabrik Hyundai Cikarang, Jawa Barat dengan TKDN 40 persen. Dari segi spesifikasi, Ioniq menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh.

Penggerak motor mampu mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dengan kemampuan akselerasi 0-100 km dalam 9,9 detik. Jarak tempuh Ioniq mencapai 373 km berdasarkan NEDC dan 311 km berdasarkan WLTP dalam sekali pengisian daya.

Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Harga Hyundai Ioniq 5 dibanderol mulai dari Rp748 juta varian standard range dan termahal varian signature long range seharga Rp859 juta.

Kaleidoskop 2022: 9 Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

Hyundai Ioniq 5/Hyundai

2. Mini Electric (Juni 2022)

MINI Indonesia telah meluncurkan mobil listriknya dengan nama MINI Electric di PIK Avenue, Jakarta Utara pada Juni 2022 yang dibanderol dengan harga Rp1,050 miliar.

MINI Electric memiliki motor listrik 135 kW/184 hp yang disematkan pada bagian bawah memberikan pusat gravitasi ekstra rendah. Efeknya tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian, tetapi juga membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya.

Fitur baru dan pengalaman istimewa yang hanya bisa didapat dari sebuah kendaraan full listrik adalah penyaluran tenaga yang spontan dari motor listrik. Lalu, pengalaman berkendara dengan torsi penuh, 0-100 km/jam dalam 7,3 detik tanpa jeda dan gangguan perpindahan gigi.

Baterai dari MINI Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul. Ini memberikan energi sebesar 28,9 kWh dalam kapasitas bersih.

Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, terdapat distribusi beban yang luar biasa dari MINI Electric.

Bodi MINI Electric diposisikan sekitar 18 mm lebih tinggi daripada model bertenaga konvensional. Semua komponen penggerak listrik dilindungi oleh fitur struktural. Daya elektronik dilindungi oleh penyangga bumper yang diperkuat dan rangka penyangga motor. Sedangkan baterai tegangan tinggi dilindungi oleh pelat dasar yang kokoh.

Kaleidoskop 2022: 9 Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

MINI Electric/Bisnis

3. BMW IX (Agustus 2022)

BMW Indonesia meluncurkan mobil listriknya, yaitu BMW IX dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung tanggal 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang.

BMW IX disematkan mesin xDrive40 yang memiliki tenaga 326 HP dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6,1 detik. BMW mengklaim konsumsi daya listrik pada BMW iX rata-rata di bawah 20 kWh per 100 kilometer.

Mobil listrik ini memiliki kandungan energi lebih dari 70 kWh dan dalam sekali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 420 kilometer.

Untuk pengisian daya, BMW iX xDrive40 dapat mengisi ulang baterai dengan tegangan tinggi hingga 200 kW. Pengisian dari 0 persen hingga 80 persen dapat selesai dengan waktu kurang dari 34 menit.

Mobil listrik premium BMW ini dibanderol dengan harga Rp2,267 miliar off the road.

4. BMW I4 (Agustus 2022)

Sama seperti BMW IX, BMW i4 juga diluncurkan dalam ajang GIIAS pada Agustus 2022. BMW i4 merupakan model gran coupe empat pintu yang dibekali teknologi BMW eDrive generasi kelima.

Dari sisi mesin, BMW i4 eDrive40 dapat menghasilkan tenaga 340 HP dan dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 5,7 detik. Mobil ini dibekali baterai yang mampu menempuh jarak maksimal hingga 580 kilometer dengan konsumsi daya listriknya mencapai 19,9 kWh per 100 kilometer.

Adapun, BMW i4 turut dibekali fitur keselamatan driving assistant professional, seperti Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Front Collision Warning with Brake Intervention, Crossing Traffic Warning Rear, dan Rear Collision Prevention.

Mobil listrik BMW ini dibanderol dengan harga Rp 1,997 miliar off the road.

5.Wuling Air ev (Agustus 2022)

Mobil fenomenal dari Wuling ini meluncur pada Agustus di ajang GIIAS 2022. Wuling Air ev hingga November 2022, masih mendominasi penjualan pada pasar mobil listrik Indonesia.

Dari segi performa dan kapasitas baterai, Wuling Air ev mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW. Tenaga yang dihasilkan tersebut dihantarkan melalui transmisi single reduction gear ke roda belakang.

Sebagai jantung dari sumber listrik kendaraan compact ini, Wuling menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Bagian eksterior bergaya future-tech pada Wuling Air ev ditunjukkan melalui Illuminous Wuling Logo dan minimalist dual-tone color scheme. Berbagai fasilitas modern turut hadir mulai dari Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, hingga USB Charging Port.
Wuling menyertakan kecanggihan inovasi pintar Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) pada Air ev.

Untuk varian Long Range, Wuling menyematkan beberapa tambahan fitur seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, keyless entry, synthetic leather seat, Smart Start System, serta Extended Horizon LED DRL.

Mobil mungil ini dibanderol seharga Rp238 juta untuk varian Sandard Range, Rp295 juta varian Long Range dan Rp311 juta untuk varian Long Range dengan Charging Pile.

Kaleidoskop 2022: 9 Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

Wuling Air Ev/Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper