Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segmen Sedan di Indonesia Melemah, Mercedes-Benz: Tren Pasar Bergeser ke SUV

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyebutkan penurunan penjualan mobil pada segmen sedan ini disebabkan pasar yang bergeser ke segmen SUV.
Mobil Mercedes Benz S-Class /Youtube Setpres
Mobil Mercedes Benz S-Class /Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyebutkan penurunan penjualan mobil pada segmen sedan disebabkan tren pasar yang bergeser ke SUV.

Hal tersebut diungkap oleh Head of Marketing Communication and Public Relation PT MBDI Kariyanto Hardjosoemarto yang mengatakan tren pasar saat ini bergeser ke segmen SUV.

“Kami melihat secara umum memang terjadi pergeseran dari segmen sedan ke segmen SUV,” ujar Kerry saat dihubungi Bisnis, Senin (19/12/2022).

Pria yang biasa disapa Kerry itu menjelaskan penurunan penjualan segmen sedan khususnya di Mercedes-Benz Indonesia disebabkan oleh pasokan yang masih terkendala secara global.

“Penurunan penjualan segment sedan kalau di merk kami lebih dikarenakan dari sisi suplai masih mengalami kendala hingga saat ini,” terangnya.

Kendati demikian, Kerry menambahkan permintaan mobil sedan merek Mercedes-Benz di Indonesia cukup baik.

“Pasokan kendaraan masih belum setinggi yang kami harapkan, sedangkan dari sisi demand per saat ini masih cukup baik,” tambahnya.

Oleh karena itu, meskipun saat ini segmen sedan mengalami perlambatan dan market share yang tak kunjung menembus satu persen. Kerry optimistis ke depannya segmen sedan di Indonesia masih memiliki pasar dan penggemarnya sendiri. “Akan tetapi segmen sedan masih tetap memiliki penggemarnya sendiri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Penjualan mobil segmen sedan pada November 2022 tercatat 603 unit, menurun 25,4 persen atau 206 unit dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 809 unit.

Pada November 2022, Mercedes-Benz berkontribusi pada segmen ini dengan menyumbang dua model yang berhasil tembus diurutan lima besar. Kedua model tersebut yaitu Mercedes-Benz C 300 AMG Line (W206) diurutan keempat dan disusul Mercedes-Benz C 200 AVA Line (W206) diposisi kelima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper