Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mesin Mobil Anda Panas saat Perjalanan? Lakukan Tips Ini

Berikut tips-tips yang harus Anda lakukan ketika mesin mobil panas saat perjalanan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 November 2022  |  17:11 WIB
Mesin Mobil Anda Panas saat Perjalanan? Lakukan Tips Ini
Mesin mobil panas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika perjalanan jauh dengan mobil, salah satu hal yang dikhawatirkan adalah mesin mobil menjadi panas.

Pasalnya, mesin mobil panas, merupakan penyebab utama mobil mogok tiba-tiba.

Jika ini terjadi pada Anda saat berkendra, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah ini, berikut adalah ringkasannya dikutip dari laman Suzuki:

1. Menepi Di Tempat Yang Aman

Saat mobil memberikan tanda terjadi overheat yang biasanya bisa dilihat dari indikator panel dashboard atau bahkan muncul asap pada kap mesin, jangan langsung panik. Usahakan tetap tenang dan cari tempat aman untuk menepi. Posisikan tombol AC pada car ac off dan matikan mesin. Beri sinyal pada pengendara lain dengan menyalakan lampu hazard dan menaruh segitiga pengaman agar mereka tahu Anda sedang mengalami kendala, sehingga mereka bisa menjaga jarak aman. 

2. Buka Kap Mesin

Setelah berhasil menepi dan mematikan mesin, segera buka kap mesin. Tunggu hingga suhu panas mobil keluar, biarkan kap mesin sekitar 30 menit hingga suhu mesin cukup aman untuk memeriksa bagian radiator. 

3. Jangan Langsung Membuka Tutup Tangki Air Radiator

Saat mesin overheat biasanya disebabkan air radiator yang kering. Untuk mengatasi hal ini tentunya Anda harus menambahkan air radiator atau air biasa saat keadaan darurat.

Tapi seperti yang disebutkan di atas, jangan langsung memeriksa bagian mesin sebelum berada pada suhu yang aman. Hindari membuka tutup radiator setelah membuka kap mobil. Kondisi tutup radiator pada saat mesin mobil overheat akan sangat panas. Tunggu beberapa menit hingga mesin dingin sebelum membuka tutup radiator.

4. Cek Air Radiator

Setelah mesin dalam kondisi dingin, baru Anda bisa memeriksa level air radiator. Jika kurang, tambahkan dengan segera agar mesin bisa lebih cepat dingin dan bisa bekerja seperti semula. 

5. Periksa Kebocoran Sistem Pendingin

Mobil overheat juga bisa disebabkan karena kebocoran pada sistem pendingin. Untuk mengatasinya Anda bisa memeriksa bagian radiator, kepala silinder rusak, hingga blok mesin. Untuk perbaikan ini, mungkin tidak bisa Anda lakukan sendiri. Anda bisa menghubungi bengkel terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil Mobil Listrik tips otomotif otomotif industri otomotif
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top