Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Mobil Listrik, Ini "The Beast" Tumpangan Joe Biden di KTT G20 Bali

Selama kunjungannya KTT G20 di Indonesia, Joe Biden menggunakan mobil dinas kepresidenan miliknya yakni limosin Cadillac One yang dijuluki The Beast.
Tampilan "The Beast" Mobil Kepresidenan AS/Reuters
Tampilan "The Beast" Mobil Kepresidenan AS/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akhirnya telah mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada Minggu, (13/11/2022) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Joe Biden menaiki pesawat kepresidenan Air Force One, dengan corak biru muda dan putih.

Dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, kedatangan Joe Biden disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia. Tak hanya itu, orang nomor satu di AS itu juga disambut oleh tarian khas Bali.

Menariknya, selama kunjungannya di Indonesia, Joe Biden menggunakan mobil dinas kepresidenan miliknya yakni limosin Cadillac One yang dijuluki 'The Beast'. Lantas, seperti apa spesifikasi The Beast?

Melansir media Inggris, The Sun, limosin Cadillac The Beast merupakan mobil antipeluru yang dirancang khusus oleh pabrikan General Motors dan memiliki lapisan baja setebal 8 inci dengan berat 10 ton.

Tentu saja, The Beast memiliki sederet fitur keamanan tingkat tinggi, pintu mobil tersebut memiliki berat yang setara dengan pintu pesawat komersial Boeing 757, serta jendela berlapis-lapis setebal 5 inci yang tahan peluru. Tak hanya itu, tunggangan Joe Biden tersebut juga diklaim dapat menangkal berbagai serangan senjata kimia dan biologis.

Mobil berkapasitas 5000cc tersebut juga memiliki tangki bensin dan undercarriage yang tahan terhadap ledakan ketika terjadi benturan dan membuatnya hampir tidak bisa ditembus. Pegangan pintu mobil tersebut juga terdapat aliran listrik untuk mencegah masuknya orang yang tidak dikehendaki.

Jika The Beast perlu melakukan tindakan ofensif, mobil tersebut memiliki tabung gas air mata yang terpasang di bagian bumper depan serta senapan aksi pompa. Selain itu, ban mobil tersebut diperkuat dengan bahan kevlar untuk mencegah kebocoran.

Mobil tersebut juga memiliki peralatan komunikasi elektronik yang luas dengan sambungan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon. Tentu saja, pengemudi The Beast merupakan pasukan elit yang terlatih untuk mengantar kemanapun Joe Biden pergi.

Sebagai informasi, The Beast dengan segala fitur keamanan tingkat tingginya menelan biaya pembuatan 1,3 juta Euro atau setara Rp20,8 miliar untuk menunjang keamanan dan kenyamanan mobilitas Presiden AS. Model limosin Cadillac One ini pertama kali muncul pada tahun 2018 silam era kepemimpinan Donald Trump.

Adapun model sebelumnya pada tahun 2015, Mantan Presiden AS Barack Obama juga pernah mengatakan bahwa versi limosin miliknya adalah sebuah Caddy yang pada dasarnya adalah kerangka tank yang dapat memanggil kapal selam nuklir dari dalam mobil.

Setelah mobil kepresidenan AS itu telah mencapai akhir masa pakainya, agen Dinas Rahasia AS menghancurkan mobil tersebut untuk menjaga rahasia pembuatan dan melindunginya agar tidak bocor ke tangan pihak yang berpotensi berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper