Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Peran Penting Bioetanol Menurut Gaikindo

Pengembangan bioetanol sebagai sumber bahan bakar alternatif memungkinkan Indonesia memperkuat ketahanan energi.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 08 November 2022  |  19:22 WIB
Ini Peran Penting Bioetanol Menurut Gaikindo
Truk Scania berbahan bakar bioethanol. - Volskwagen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan pengembangan biofuel akan memiliki efek “domino” yang positif bagi Indonesia.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh mengatakan pengembangan bioetanol ini akan memiliki efek positif yang dapat memperkuat ketahanan energi hingga meningkatkan kesejahteraan petani.

“Karena ini energi yang terbarukan, selanjutnya kita bisa menanam tebu, singkong, sorgum yang dapat menghasilkan etanol. Nah, kalo itu mulai dikembangkan maka petani juga dapat meningkatkan penghasilannya dan ini memberikan multiplier efek positif nantinya,” ujar Kukuh saat dihubungi Bisnis, Senin (7/11/2022).

Kukuh juga menambahkan nantinya pengembangan bioetanol ini jangan dibuat bersaing antara kebutuhan pasokan untuk bahan bakar dan pangan.

“Jadi, karena efek multiplier-nya banyak, jangan kemudian dibuat bersaing antara bahan bakar dan makanan,” terang Kukuh

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo secara resmi memulai program “Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi” yang digelar di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), di Jawa Timur, Jumat (4/11/2022).

Program ini diharapkan meningkatkan dan memperbaiki kualitas hasil produksi tebu di Tanah Air. Untuk mencapai target tersebut, presiden meminta para petani dan pabrik gula di Tanah Air bekerja sama dengan baik.

Selain itu, mesin-mesin yang ada di pabrik gula juga harus diperbarui dengan yang lebih modern dan menggunakan teknologi terkini.

“Kuncinya memang bibit yang baik, mesin dengan memberikan rendemen yang baik juga kepada petani,”ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biofuel biofuel kelapa sawit bbn bioetanol
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top