Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OLX Autos: Kami Bantu Penjual Lihat dari Kaca Mata Pembeli

Kehadiran OLX Autos di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 memberi warna tersendiri
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  14:35 WIB
OLX Autos: Kami Bantu Penjual Lihat dari Kaca Mata Pembeli
Foto: Dok. OLX Autos
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran OLX Autos di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 memberi warna tersendiri. OLX Autos menjembatani konsumen yang menjual mobil bekas karena ingin membeli mobil baru di GIIAS 2022.

Layanan inspeksi mobil yang cepat, harga yang sesuai hingga sejumlah proses yang transparan membuat OLX Autos patut dipertimbangkan jika ingin menjual mobil lama untuk membeli mobil baru. Untuk mengetahui rangkaian aktivitas OLX Autos di GIIAS 2022, Redaksi Bisnis Indonesia mewawancarai Hendri Tadjuni, Chief Operating Officer OLX Autos Indonesia. Berikut petikannya:

GIIAS lebih identik dengan pameran mobil baru. Apa yang menjadi latar belakang OLX Autos menjadi official trade in partner GIIAS 2022?

Tahun lalu kami sudah hadir di GIIAS dan ada 2 alasan OLX Autos hadir di GIIAS. Pertama, tahun lalu kami berkomitmen untuk bisa berperan aktif untuk membangkitkan industri otomotif yang saat itu baru keluar dari pandemi Covid-19. Kami mendekati Gaikindo dan disambut positif karena ada layanan integrasi ketika orang mau tukar tambah yang kami layani.

Tahun lalu, animonya sangat tinggi sehingga mendorong kami untuk hadir lagi. Bagi Gaikindo, kehadiran mitra yang membantu memfasilitasi penjualan mobil bekas membuat layanan menjadi terintegrasi.

Kedua, konteks keseluruhan, kami berkomitmen namanya industri otomotif harus tumbuh. Seperti kata Menko (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto), industri otomotif salah satu barometer ekonomi.

Tahun ini Gaikindo membuat GIIAS lebih meriah dan kami mendapat kepercayaan untuk hadir lagi. Ini peran aktif kami untuk menggalakan industri otomotif yang mana selaras dengan HUT RI yang ingin pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Apa target khusus OLX Autos pada GIIAS 2022?

Tahun ini kami hadir jauh lebih besar. Tahun pertama, kami penjajakan, kami enggak tahu persis animo masyarakat seperti apa. Tahun ini kami hadir lebih besar. Kami punya 5 booth di dalam ICE dan kami bangun inspection center di area parkiran yang mana 3 kali lebih besar dari tahun lalu. Total areanya jadi 400 m2 dan kami bisa layani sampai 1.500 permintaan inspeksi dari para calon pengunjung.

Target kami sesuai estimasi kapasitas kami. Berhubung tahun ini banyak mobil baru yang diluncurkan, pengunjung semoga lebih banyak dari tahun lalu dan semoga animo orang tukar tambah mobil makin tinggi.

Bagaimana alur ketika orang menjual mobil di OLX Autos untuk kemudian membeli mobil baru di GIIAS 2022?

Ada 2 alur. Pertama, umumnya yang kami amati, ketika konsumen ingin membeli mobil biasanya sudah punya perencanaan. Dia memanfaatkan GIIAS ini untuk bisa membuat list pendek mobil yang diincar dan promo yang ditawarkan. Jadi dia sudah tahu mobilnya.

Kemudian, mobil lamanya mau dikemanakan, itu gunanya booth kami. Anda bisa datang ke booth kami, karena kami bisa membantu cek harga di mana orang bisa tanya kira-kira berapa harga mobilnya kalau tukar tambah.

Kami punya teknologi, berdasarkan detail mobil kami bisa langsung membuat estimasi rentang harga mobil di pasaran. Kami punya basis data yang kuat untuk berikan informasi setransparan itu.

Jika pengunjung tertarik untuk menjual mobil dalam waktu dekat, ini estimasi harga terendah sampai harga tertinggi. Kalau ingin tahu detail, kami persilakan untuk buat jadwal inspeksi seperti di GIIAS ini.

Kami ada tenaga inspeksi yang berpengalaman untuk lakukan pemeriksaan tentang kondisi mobil baik eksterior, interior, mesin yang mana ini menjadi faktor pembentuk harga. Cukup 30 menit, 300 titik kami cek, kemudian kami memberikan harga yang menurut kami bisa diserap pasar.

Bagi konsumen yang suka dengan harga itu, dia bisa lepas kendaraannya dan kami fasilitasi selesaikan transaksi. Uang langsung ditransfer tanpa ada biaya, bahkan selama promo dapat ekstra saldo elektronik hingga Rp5 juta.

Itu konsep cara jual mobil online yang cepat, aman, nyaman dan transparan. Harga bukan harga abal-abal tetapi berdasarkan hasil inspeksi. Harga itu juga datang dari basis data yang kuat karena kami memantau harga seluruh Indonesia. Kalau memang ingin SPK mobil baru, bisa dilakukan dengan cepat.

Kedua, kami lakukan kerja sama eksklusif dengan BMW di mana orang ingin tukar tambah dengan mobil BMW ada promo khusus, ada tambahan reward lagi sampai dengan 2% di atas saldo elektronik. Itu salah satu program yang kami lakukan.

Namun, di GIIAS 2022 kami terbuka untuk umum, tidak pilih-pilih mobil, kalau mau dijual, kami pasti coba serap sesuai dengan kecocokan harga dan kondisi mobil. Selama mobil masih layak dan harga sesuai, mobil itu akan kami bantu transaksikan sampai selesai.

Apakah OLX Autos juga melayani inspeksi kendaraan di rumah?

Kami punya hampir 60 titik inspeksi di Jabodetabek. Kami sudah hadir di 10 kota sekarang. Saat ini orang mau duduk di rumah, petugas kami datang ke rumah untuk cek mobilnya. Tren ini makin bertumbuh, ini konsep online yang hakiki, duduk di rumah, booking inspeksi hari ini dan kami datang. Selanjutnya, kami komunikasikan soal harga.

Keuntungan bagi konsumen ialah karena ini murni e-Commerce, kami bisa bantu memasarkan secara nasional, jadi ada kemungkinan mobil itu laku lebih cepat. Selain itu, konsumen merasa lebih aman karena mungkin susah cari waktu karena WFH dan lainnya, kami membantu dengan datang ke kediaman mereka.

Keuntungan lainnya ialah kami pastikan data konsumen kami jaga dengan baik, ekosistem mobil yang kami pasarkan juga proper, jadi mobil ini ditransaksikan secara resmi, legal dan kami minimalisir semua kemungkinan yang aneh-aneh.

Konsumen tentu mendahulukan harga sehingga kami transparan, ada harga pasarannya kami buka. Kami satu-satunya yang membuka, jadi ketika ingin jual mobil tidak perlu ketemu kami, Anda sudah bisa tahu estimasi kami karena berbasis big data.

Ketika proses menjual mobil apakah ada biaya yang harus dibayarkan konsumen?

Tidak dipungut biaya sama sekali. Itu strategi kami untuk mengedukasi masyarakat terkait proses yang aman dan nyaman. Nilai transaksi akan diterima penuh oleh penjual, kami hapus semua biaya yang terkait proses penjualan.

Apa yang bisa ditawarkan OLX Autos kepada konsumen yang masih ragu membeli mobkas secara online?

Ini pentingnya edukasi. Kami membantu para penjual untuk melihat dari kaca mata pembeli. Siapapun pembelinya itu inginnya mobil itu dalam kondisi baik, sedikit atau tidak ada perbaikan, tidak ada masalah dokumen. Jadi proses inspeksi itu kami buat mewakili apa yang ingin diketahui pembeli.

Biasanya kami cek eksteriornya, inginnya mobil mulus, kalau penyok dikit masih oke, tapi enggak boleh tabrakan besar. Kedua interior, kami pastikan bebas banjir. Itu isu penting karena itu menurunkan animo calon pembeli.

Ketiga, kami cek mesin, apakah transmisi masih bagus, enggak ada oli bocor, dan lainnya. Inspeksi bukan untuk cari kesalahan karena kami mewakili pembeli. Kami percaya dengan menyediakan informasi transparan seperti itu akan mempermudah pembeli membuat keputusan atau minimal dia tahu persis kondisi mobil. Itu akan membantu pembeli lebih pede dan akhirnya dia memberikan harga yang menurut dia paling bagus.

Bagaimana Anda melihat arah penjualan mobkas secara online?

Secara umum, para pelaku otomotif e-commerce online kayak OLX Autos dan lainnya, kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa pengalaman membeli mobil bekas itu seharusnya bisa dibuat sama seperti pengalaman mobil baru. Jadi tidak dianaktirikan, karena mobil bekas seakan-akan secondary market, enggak jelas.

Kuncinya ialah transparansi. Jadi kami walaupun baru 2 tahun kami mempelopori layanan purnajual yang baik, money back guarantee, kalau ada isu besar ada layanan purna jual sampai ganti oli, servis dan lainnya di mitra kami. 

Bagi OLX Autos, bibit awal waktu kami lakukan penjualan, kami sudah lakukan inspeksi. Jadi muaranya sudah proper, karena penjual kami sudah diedukasi, ini lho transparansi dan inspeksi. Ini semua rangkaian tidak terputus yang menjual dan yang membeli dalam suatu ekosistem yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olx OLX Autos
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top