Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertahankan Momentum Pertumbuhan Industri Otomotif, Stabilitas Ekonomi Perlu Dijaga

Gaikindo menilai keberlanjutan pertumbuhan penjualan mobil ini bisa dicapai dengan menjaga stabilitas ekonomi nasional.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  23:04 WIB
Pertahankan Momentum Pertumbuhan Industri Otomotif, Stabilitas Ekonomi Perlu Dijaga
Petugas berdiri di dekat deretan mobil baru yang terparkir di PT Indonesia Terminal Kendaraan atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta, Kamis (11/2/2021). - Antara Foto/Aprillio Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai pertumbuhan penjualan wholesale mobil pada semester I/2022 perlu dijaga agar berlangsung hingga akhir tahun 2022. 

Ketua Bidang Transportasi, Lingkungan, dan Infrastruktur Gaikindo Henry Tanoto mengungkapkan keberlanjutan pertumbuhan penjualan mobil ini bisa dicapai dengan menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Menurutnya, setidaknya ada tiga tantangan yang bisa mengeluarkan industri dari jalur positif.

“Kelangkaan semikonduktor bisa masih menjadi hambatan, walaupun mungkin tidak besar karena bisa berbeda di masing-masing model dan lokasi produksi,” katanya kepada Bisnis, Kamis (4/8/2022).

Henry menjelaskan bahwa semikonduktor masih dialami industri otomotif maupun sektor lain meskipun trennya terlihat membaik. Salah satunya bisa dilihat perkembangan pasokannya yang sejalan dengan perkembangan pasar Indonesia.

“Kedua, stabilitas ekonomi hingga akhir tahun khususnya secara makro baik pertumbuhan ekonomi dan inflasi menjadi penting untuk memastikan kestabilan pertumbuhan market,” jelasnya.

Terakhir, tambah Henry, adalah perkembangan Covid-19. Meski begitu, dia memperkirakan efeknya tak terlalu parah seperti dua tahun lalu karena penanganannya lebih baik.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan wholesale pada Juni sebanyak 79.168 unit. Realisasi tersebut naik 60,08 persen dari bulan sebelumnya sebesar 49.453 unit.

Jika ditotal, penjualan mobil pada semester I/2022 sebanyak 475.321 unit. Realisasinya tumbuh 20,80 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 393.466 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan mobil gaikindo Pertumbuhan Ekonomi semikonduktor
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top