Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ABC Siapkan Baterai Bus Listrik yang Bakal Digunakan di G20

Produk baterai listrik yang dihasilkan ABC bisa untuk berbagai jenis industri, utamanya kendaraan listrik.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  17:36 WIB
ABC Siapkan Baterai Bus Listrik yang Bakal Digunakan di G20
Perakitan baterai untuk mobil listrik - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Marketing Director PT International Chemical Industry (ABC Battery) Hermawan Wijaya mengatakan bahwa perusahaannya tengah mempersiapkan baterai untuk bus listrik yang bakal dipamerkan dan dipergunakan pada agenda G20 di Bali.

“Sekarang sedang dicoba pengembangan barang dengan pemerintah untuk membuat kendaraan roda empat listrik,” kata Hermawan saat ditemui Bisnis di Jakarta pekan lalu.

Hermawan menjelaskan bahwa ABC tengah berupaya membuat baterai yang sesuai dengan spesifikasi bus listrik. Harapannya, bulan depan sudah selesai sehingga bus produk anak bangsa tersebut bisa masuk tahapan selanjutnya, yaitu perakitan.

“Ini produksi lokal karena kita sama-sama mau majukan industri lokal. Dari pengembangan desain hingga perakitannya. Jadi sama-sama mendukung walaupun juga ada dari pabrikan brand luar,” ujarnya.

ABC pada tahun ini resmi mendirikan pabrik baterai sel lithium-ion. Produk yang dihasilkan bisa untuk berbagai jenis industri, utamanya adalah kendaraan listrik.

ABC belum lama ini juga sudah menjalin kesepakatan dengan sebuah perusahaan penyimpanan energi lampu jalan bertenaga surya. Perusahaan tersebut mendirikan penerangan di daerah yang belum tersalurkan listrik.

Alasan utama ABC mendirikan pabrik sel baterai adalah belum ada di Indonesia. Hermawan menerangkan bahwa perusahaan masuk ke industri tersebut agar industri lain bisa mendapatkan produk tersebut tanpa harus impor.

“Karena banyak perusahaan kecil tidak butuh banyak, sedangkan impor sulit karena harus kirim banyak. Makanya kita ingin menjawab di situ,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

abc abc indonesia g20 Baterai Mobil Listrik Bus Listrik
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top