Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gaikindo Pasrah Kondisi Cip Semikonduktor Langka

Gaikindo menilai kelangkaan cip semikonduktor membuat sulit industri otomotif karena harus bersaing dengan sektor industri lainnya yang membutuhkan komponen tersebut dengan volume lebih besar.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  18:32 WIB
Gaikindo Pasrah Kondisi Cip Semikonduktor Langka
Ilustrasi chip - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku industri otomotif tidak bisa berbuat banyak mengatasi kelangkaan mikrocip atau semikonduktor. Sebagai konsumen, mereka berharap pasokan kembali normal.

“Kami ini industri otomotif, Kami butuh itu [cip semikonduktor],” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi saat dihubungi, Senin (27/6/2022).

Nangoi menjelaskan pasokan mikrocip untuk sektor otomotif harus bersaing dengan sektor lainnya yang menyerap lebih besar. Sektor itu, katanya, utamanya industri elektronik.

“Kebutuhan otomotif tidak seberapa karena tidak lebih dari 10 persen pasokan dunia. Sedangkan mayoritas ada di industri elektronik,” jelas Nangoi.

Sama seperti pelaku usaha lain, tambahnya, Gaikindo berharap pasokan cip semikonduktor kembali seperti sedia kala.

“Kami berharap selalu normal. Ekonomi normal dan suplai normal,” jelasnya.

Pada kesempatan berbeda, Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara meminta agar Indonesia memiliki pabrik mikrocip sendiri. Hal tersebut disampaikan saat pertemuan bersama pemerintah dan pelaku industri lain.

Kukuh menjelaskan bahwa isu tersebut sering disampaikan. Alasannya, semikonduktor menjadi komponen penting dalam memproduksi kendaraan bermotor.

Saat ini, tidak ada satupun kendaraan di dunia yang tidak menggunakan mikrocip. Tak heran produsen sangat bergantung pada barang mungil tersebut

Semikonduktor bukan hanya menjadi barang penting bagi industri otomotif. Kukuh menerangkan bahwa industri lain seperti elektronik juga membutuhkannya.

“Tapi kan yang perlu didorong adalah semikonduktor dan itu di luar ranah kami. Kami hanya ingin menyampaikan bahwa semikonduktor penting untuk di dalam negeri,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif industri otomotif gaikindo Komponen Otomotif chip Ekspor Otomotif semikonduktor Gaikindo
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top