Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Tarik 130.000 Mobil Bermasalah, Recall Ketiga Pada Tahun Ini

Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, menarik kembali (recall) 130.000 unit mobil dari pasar Amerika. Penarikan mobil besutan taipan Elon Musk ini merupakan ketiga kalinya yang dilakukan Tesla sepanjang tahun 2022.
Tesla Model 2. /electricvehicleweb.in
Tesla Model 2. /electricvehicleweb.in

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, yang dikendalikan taipan Elon Musk itu, akan melakukan penarikan (recall) 130.000 unit mobil dari konsumen di Amerika. 

Seperti dilansir dari Carscoops, recall ini merupakan ketiga kalinya yang dilakukan Tesla sepanjang 2022. Recall kali ini disebabkan oleh masalah overheating yang dapat menyebabkan tampilan layar sentuh monitor tidak berfungsi.

Masalah ini pun pertama kali diketahui pada 23 Desember 2021 karena adanya laporan terhadap Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

Selanjutnya, tim dari NHTSA melakukan penyidikan sehingga Tesla menemukan bahwa unit pemrosesan pusat (CPU) untuk sistem infotainment mungkin tidak cukup dingin selama pengisian cepat atau persiapan untuk pengisian cepat.

Pada 3 Januari, seorang pelanggan membawa Model S 2021 untuk diservis. Dia mengeluh CPU terlalu panas sehingga menyebabkan tampilan infotainment menyala ulang saat kendaraan sedang diisi ulang. Setelah itu, pelanggan banyak yang berdatangan dengan kondisi dan masalah yang sama. Hal ini, menjadi perhatian khusus bagi NHTSA karena begitu banyak sistem Tesla yang diperlukan dioperasikan melalui layar itu.

Selain kamera spion yang tidak muncul, pengemudi juga dilarang mengakses persneling yang mereka inginkan dan kontrol wiper kaca depan, yang keduanya sangat penting untuk keselamatan menggunakan kendaraan.

Secara keseluruhan, 129.960 kendaraan Tesla termasuk dalam penarikan ini, meskipun pembuat mobil memperkirakan hanya satu persen yang kemungkinan mengalami cacat CPU.

Masalah itu termasuk pada periode 2021-2022 Model Ss yang dibuat antara 3 Februari 2021, dan 28 April 2022; tahun model 2022 Model 3 dibuat antara tanggal 8 Desember 2021 dan 2 Mei 2022; tahun model 2021-2022 Model X dibuat antara tanggal 8 Juni 2021 dan 30 April 2022; dan terakhir, model tahun 2022 Model Y dibuat antara 18 Oktober 2021, dan 2 Mei 2022.

Untuk mengatasi masalah ini, Tesla mulai meluncurkan pembaruan firmware over-the-air pada 3 Mei untuk meningkatkan manajemen suhu CPU infotainment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Sumber : CarsScoops
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper