Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pulang Mudik Lebaran, Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa

Berikut beberapa komponen yang bisa dipertimbangkan untuk dicek performanya setelah mobil digunakan perjalanan panjang mudik.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  11:59 WIB
Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak.  - Auto2000
Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan panjang Lebaran sudah berakhir, mobil yang digunakan dalam perjalanan panjang mudik sebaiknya dilakukan pemeriksaan kembali. Supaya performanya tetap prima, ketika digunakan lagi dalam mobilitas sehari-hari. 

Dilansir dari Auto2000, berikut beberapa komponen yang bisa dipertimbangkan untuk dicek performanya setelah mobil digunakan perjalan panjang mudik.

Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa usai Mudik Lebaran:

    1. Ban Mobil 

    Perjalanan panjang mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui, juga muatan mobil yang maksimal, membuat ban bekerja lebih ekstra. Baiknya lakukan pengecekan, dan pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban. 

    Bersihkan kerikil yang menempel. Kemudian lihat tanda keausan ban dan segera ganti jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

    2. Kolong Mobil

    Jangan lewatkan bagian kolong mobil untuk dibersihkan dari kotoran dan supaya mudah diperiksa. 

    Cek shock absorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem. Kondisi kampas rem cakram bisa dilihat langsung, sedangkan rem tromol dapat memperhatikan dinding tromol rem. 

    3. Oli Mesin 

    Pelumas punya peran vital untuk melindungi mesin. Volume oli mesin tidak boleh kurang, caranya dengan cek via tongkat pengukur atau dipstick. 

    Pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin yang menandakan ada masalah. Apalagi kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu sebagai indikator pelumas bercampur air. 

    4. Kondisi Minyak Rem 

    Rem dapat berfungsi optimal bila minyak rem dalam kondisi prima. Pastikan volume minyak rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.

     Minyak rem kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor. 

    Halaman:
    1. 1
    2. 2

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    mobil Mudik Lebaran mudik tips otomotif
    Editor : Rio Sandy Pradana

    Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

    Artikel Terkait



    Berita Terkini Lainnya

    Terpopuler

    Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
    qrcode bisnis indonesia logo epaper
    To top