Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diduga Curi Proyek Rahasia, Tesla Gugat Mantan Insinyur

Tesla menggugat mantan Insinyurnya karena diduga telah memindahkan data rahasia ke perangkat pribadi.
Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS/ Bloomberg-Luke Sharrett
Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS/ Bloomberg-Luke Sharrett

Bisnis.com, JAKARTA - Tesla Inc. menggugat seorang mantan insinyurnya karena diduga secara ilegal mentransfer informasi rahasia pada teknologi super komputernya ke komputernya sendiri dan menyerahkan laptop "dummy" untuk diperiksa guna menutupi pencurian tersebut.

Tesla sedang mengembangkan superkomputer inhouse, dijuluki Project Dojo, untuk menangani sejumlah besar data, termasuk video dari mobil Tesla, dan menggunakannya untuk membuat perangkat lunak mengemudi otonom

Dilansir dari Bloomberg, mantan insinyur Tesla Alexander Yatskov dipekerjakan pada Januari 2022 sebagai insinyur termal untuk membantu merancang sistem pendingin untuk komputer, yang menghasilkan banyak panas, kata Tesla dalam pengaduan.

Desain dan data termal ini dirahasiakan dan dijaga ketat di dalam Tesla. Namun, Tesla mengatakan Yatskov mengaku mengunduh informasi rahasia dari perangkat Tesla-nya ke perangkat pribadinya, setelah Yatskov dikonfrontasi. 

Yatskov juga menyerahkan komputer "dummy" untuk diperiksa oleh Tesla untuk mencoba dan menutupi jejaknya. Tesla mengatakan Yasthkov berhenti pada 2 Mei 2022 dan menolak untuk mengembalikan informasi tersebut.

Ketika dihubungi melalui telepon oleh Bloomberg, Yatskov mengatakan dia tidak mengetahui keluhan tersebut dan menolak untuk segera mengomentarinya.

Tesla juga menuduh Yatskov berbohong dalam resumenya tentang keahlian dan pengalaman kerjanya. Tesla juga menyebut Yatskov melanggar perjanjian non-disclosure yang melarangnya mengungkapkan rahasia dagang.

"Ini adalah kasus tentang penyimpanan rahasia rahasia dagang oleh seorang karyawan yang, dalam waktu singkat di Tesla, telah menunjukkan rekam jejak berbohong dan kemudian berbohong lagi dengan menyediakan perangkat 'dummy' untuk mencoba menutupi jejaknya," kata Tesla dalam pengaduannya.

Tesla mencari kompensasi dan ganti rugi yang patut dicontoh dan perintah yang akan menghentikan Yatskov dari menyebarkan rahasia dagangnya dan mengarahkannya untuk mengembalikan semua data kepemilikan.

Kasus ini juga sudah masuk ke pengadilan dengan nama Tesla Inc. v. Yatskov, 5:22-cv-02725, Pengadilan Distrik AS, Distrik Utara California (San Jose).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper