Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perdana, Hyundai Genesis G80 yang Jadi Mobil KTT G20 Mulai Catatkan Penjualan

Hyundai memang masih mengandalkan produk BEV, yakni Kona dan Ioniq. Kedua produk tersebut menorehkan penjualan masing-masing Ioniq sebanyak 24 unit dan Kona 20 unit. Sedangkan pada Maret 2022, muncul angka penjualan Genesis G80.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 29 April 2022  |  12:59 WIB
Perdana, Hyundai Genesis G80 yang Jadi Mobil KTT G20 Mulai Catatkan Penjualan
Genesis G80 - Hyundai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Meskipun kinerja penjualan mobil listrik berbasis baterai murni (battery electric vehicle/BEV) kedodoran selama kuartal pertama tahun ini, terdapat fakta menarik yakni kehadiran sedan premium Genesis G80.

Lini produk premium Hyundai ini dikenal dengan varian G80 yang sudah berteknologi BEV. Dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan EV selama kuartal pertama tahun ini sebanya 64 unit, melorot 75,2 persen dibandingkan 259 unit kinerja periode sama tahun lalu.

Hyundai memang masih mengandalkan produk BEV, yakni Kona dan Ioniq. Kedua produk tersebut menorehkan penjualan masing-masing Ioniq sebanyak 24 unit dan Kona 20 unit.

Sedangkan pada Maret 2022, muncul angka penjualan Genesis G80. Walaupun hanya mencatat penjualan satu unit, kehadiran Genesis akan menambah pilihan bagi konsumen Indonesia, terlebih lagi bagi kalangan atas.

Berdasarkan informasi di laman resmi Hyundai, G80 merupakan produk elektrik perdana dari lini premium Genesis. Hyundai mengklaim kelahiran Genesis G80 menyajikan standar baru mobil elektrik, kemewahan dan peforma tingkat tinggi.

Dari sisi interior, Genesis G80 menghadirkan nuansa “the Dark Lagoon Green/Glacier White Interior two-tone” dengan aksen 'beauty of white space'. “Ini khas kami memberikan rasa relaksasi dalam keheningan berkendara. Kursi kulit Nappa yang diwarnai dengan pewarna alami dan hiasan Forged Wood yang ramah lingkungan menghadirkan kemewahan berkelanjutan yang dikejar Genesis,” tulis Hyundai.

Adapun di Indonesia, Genesis G80 masuk dalam jajaran mobil yang bakal digunakan secara resmi pada perhelatan KTT G20 di Bali pada akhir tahun ini.

Genesis G80 Electrified adalah sebuah full size sedan yang 100% ditenagai menggunakan motor listrik. Sehingga, Genesis G80 Electrified bebas jejak emisi karbon ketika digunakan.

Berbekal baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh, mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Sehingga, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD.

Masing-masing motor listrik memiliki tenaga 185 Ps. Sehingga ketika ditotalkan, mobil ini memiliki tenaga sekitar 370 Ps. Sebuah angka yang signifika besarnya.

Lebih impresif lagi adalah figur torsinya. Karena, masing-masing motor listrik bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, Genesis G80 Electrified memiliki total torsi 700 Nm! Sebuah angka yang juga sangat besar untuk mobil ramah lingkungan. Apalagi jika mengingat torsi ini tersedia dari RPM 0.

Terkait harga resmi Genesis G80 belum diperoleh secara pasti. Namun, berbekal daftar NJKB dalam Permendagri No. 1/2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Tahun 2021, untuk generasi mesin ICE, Genesis memiliki NJKB sebesar Rp892 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top