Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips 5 Cara Merawat Mesin Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Sebelum mudik, ini tips 5 cara merawat mesin mobil versi Auto2000.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 22 April 2022  |  15:46 WIB
Petugas posko penyekatan larangan mudik KM 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memeriksa kelengkapan surat kendaraan pemudik pada H-1 Idulfitri 2021. - Antara
Petugas posko penyekatan larangan mudik KM 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memeriksa kelengkapan surat kendaraan pemudik pada H-1 Idulfitri 2021. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang hari Raya Idul Fitri, masyarakat sudah mulai melaksanakan mudik menggunakan mobil. Adapun baiknya sebelum melaksanakan mudik, Teman Bisnis harus memperhatikan mesin dan beberapa komponen mobil agar perjalanan mudik Lebaran lancar.

Dilansir dari Auto2000, ada lima cara untuk merawat mesin mobil sebelum melaksanakan mudik. Sebenarnya tidak hanya mesin saja yang harus dirawat sebelum mudik, tetapi juga beberapa bagian lainnya. 

Tips Merawat Mesin Mobil Jelang Mudik Lebaran

  1. Cek Mesin Secara Menyeluruh

Pengecekan mesin secara menyeluruh perlu dilakukan karena mobil akan melakukan perjalanan dengan total jarak tempuh hingga ratusan kilometer. Mekanik akan mengecek bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya. 

Kemudian bagian timing belt juga akan dicek agar mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak. Komponen ini sendiri sangat vital karena mendukung kinerja satu komponen dengan komponen lainnya. Perhatikan hal ini agar mobil kembali prima untuk melaksanakan mudik.

  1. Kelistrikan Harus Prima

Bagian kelistrikan mobil menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Alasannya karena kelistrikan yang berasal dari aki dapat mempengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter. 

Semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang prima. Itulah mengapa bagian ini perlu dicek, termasuk volume air aki sendiri.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran mudik Info Mudik tips otomotif
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top