Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wuling Bakal Luncurkan Mobil Listrik Tahun Ini, Ini Bocorannya

Wuling Motors Indonesia berencana meluncurkan mobil listrik yang akan dirakit di Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 22 April 2022  |  14:47 WIB
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022.  - Wuling
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. - Wuling

Bisnis.com, JAKARTA – Wuling Motors Indonesia memastikan mobil listrik dengan platform GSEV (Global Small Electric Vehicle) akan dirakit di Indonesia.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan mobil listrik ini dirancang khusus untuk konsumen Indonesia sehingga produk tersebut akan dirakit di Indonesia, tepatnya kawasan Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat. 

Selain itu, mobil yang kabarnya akan diluncurkan pada semester II/2022 ini dikatakan bakal berbeda dari yang ditampilkan pada pameran otomotif.

"Tahun ini akan kami keluarkan. Ini juga unik karena belum pernah kami pamerkan sebelumnya, jadi beda sama yang di pameran- pameran," ujar Dian saat acara Wuling Almaz RS Media Experience Kartini Day, Kamis (21/4/2022).

Dian juga menjelaskan mobil listrik ini masih dalam tahap pengembangan teknologi dan riset, tetapi dipastikan kendaraan tersebut diperuntukan untuk konsumen Indonesia.

Adapun ketika ditanya terkait harga, Wuling masih enggan berbicara. Wuling menegaskan harga mobil yang laris manis di China ini sesuai dengan konsumen Indonesia

"Untuk harga harga masih dalam tahap penentuan mana yang terbaik untuk konsumen dan yang pasti sesuai dengan keinginan konsumen," jelas Dian.

Sebelumnya, dikatakan Indonesia akan menjadi hub ekspor mobil listrik ini ke Singapura dan Thailand. Rencana membawa mobil listrik mungil ke Indonesia tidak terlepas dari kesuksesan Wuling menjual mobil tersebut di China. Larisnya Wuling Mini EV tidak terlepas dari harganya yang miring.

Varian paling rendah mobil ini memiliki harga jual US$4.500 atau setara Rp65 juta, sedangkan varian dengan pendingin udara (AC) dibanderol US$5.000 atau sekitar Rp72 juta.

Bandingkan dengan Tesla yang melego model termurahnya dengan kisaran harga US$38.000 di China atau sekitar Rp550,68 juta. Harga yang ditawarkan Wuling berbanding jauh dengan Tesla Model 3 yang diproduksi di China. Harga Tesla Model 3 diketahui mencapai US$39.000 atau setara Rp560 jutaan. 

Adapun Wuling Mini EV memiliki dimensi mungil. Tingginya tercatat 2.917mm, lebar 1.493mm, dan tinggi 1.621mm. Kapasitas penumpangnya empat orang dengan jok belakang yang bisa dilipat untuk penyimpanan bagasi. Mobil listrik Wuling Mini EV ini dibekali motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga 20 kW atau setara 26,8 daya kuda dan torsinya 85 Nm.

Mobil mungil tersebut dilengkapi dengan motor listrik 13 kW dan baterai 9,2 kWh atau 13,8 kWh. Dengan baterai yang lebih kecil, kendaraan ini mampu menempuh jarak 120 km, sedangkan dengan baterai yang lebih besar mampu menempuh jarak 170 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik SAIC-GM Wuling Wuling Motors
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top