Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Otomotif Indonesia Semakin Berjaya di Asia Tenggara, Ini Alasannya

Total produksi roda empat dari seluruh negara Asean mencapai 332.263 unit, atau tumbuh 14,5 persen dibandingkan 290.267 unit pada periode sama tahun lalu. Sedangkan tingkat pertumbuhan yang dipetik Indonesia jauh melampaui level tersebut.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  14:54 WIB
Selain memproduksi Xpander, pabrik Mitsubishi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas juga menjadi tempat kelahiran model lain seperti Pajero Sport dan kendaraan komersial Colt L 300 dan T 120 SS.
Selain memproduksi Xpander, pabrik Mitsubishi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas juga menjadi tempat kelahiran model lain seperti Pajero Sport dan kendaraan komersial Colt L 300 dan T 120 SS.

Bisnis.com, JAKARTA- Pertumbuhan produksi roda empat Indonesia pada Januari tahun ini melampaui jauh tingkat pertumbuhan produksi di Asean.

Seperti dikutip dari Asean Automotive Federation (AAF), total produksi roda empat dari seluruh negara Asean mencapai 332.263 unit, atau tumbuh 14,5 persen dibandingkan 290.267 unit pada periode sama tahun lalu.

Basis produksi roda empat di Asean antara lain meliputi Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Vietnam. Di antara kesemuanya, tingkat pertumbuhan produksi Indonesia jauh di atas negara lainnya.

Meskipun masih di bawah Thailand, produksi Indonesia mencapai 113.004 unit pada Januari, tumbuh 48,1 persen dibandingkan 76.319 unit pada tahun lalu. Volume itu mendekati prestasi Thailand yang pada periode sama berhasil memproduksi 151.747 unit, atau hanya tumbuh 2,5 persen dibandingkan 148.118 unit pada periode sama tahun lalu.

Sedangkan negara produsen terbanyak dengan catatan terdekat adalah Malaysia. Negeri Jiran itu mencatatkan volume produksi sebanyak 42.961 unit pada Januari 2022, tumbuh 8,3 persen dibandingkan 39.666 unit pada Januari tahun lalu.

Hal inipun semakin mencerminkan bahwa industri otomotif Indonesia telah memasuki tren perbaikan pasca dihantam pandemi Covid-19. Beruntungnya lagi, pemulihan itu jauh lebih gesit dibandingkan negara Asean lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif industri otomotif
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top