Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi Mobil Bekas Murah untuk Keluarga di Bawah Rp 100 Juta

Berikut 7 rekomendasi mobil bekas murah untuk keluarga dengan banderol tak lebih dari Rp 100 juta.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  17:50 WIB
Rekomendasi Mobil Bekas Murah untuk Keluarga di Bawah Rp 100 Juta
Foto: Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Harga mobil baru yang masih tinggi menjadikan mobil bekas menjadi alternatif lain untuk mendapatkan tunggangan pribadi di perkotaan. Apalagi dengan krisis semikonduktor yang membuat inden mobil baru semakin lama. Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, berikut 7 rekomendasi mobil bekas murah untuk keluarga dengan banderol tak lebih dari Rp 100 juta.

1. Honda Stream 2004

Muncul di Indonesia pada tahun 2002, sayangnya Honda Stream tak mendapatkan kesempatan lebih sebagai MPV keluarga asal Jepang ini. Walaupun umurnya yang hampir menginjak 20 tahun ini, tapi kemampuannya menawarkan kenyamanan tak kalah dibandingkan dengan mobil baru saat ini. Harganya sendiri berada di kisaran Rp 80 jutaan.

Karakter mesin yang responsif sekaligus bandel tentu menjadi bagian penting dari popularitasnya yang seakan tak kenal zaman. Berbekal pilihan mesin berkapasitas 1.7 liter dan 2.0 liter yang bertenaga, teknologi SOHC VTEC menawarkan efisiensi bahan bakar yang tinggi. Lincah di jalanan perkotaan, ruang kabin yang lega masih menjadi kekuatan mobil ini.

Banyak pula yang menyebutkan bahwa Stream merupakan MPV bergaya sedan. Perhatikan ground clearance yang cukup rendah. Sedangkan Body roll masih terasa pada saat dibawa kencang. Begitu pula bantingan suspensi bisa dibilang cukup keras ketika melewati jalanan kasar dan polisi tidur. Tapi harga yang terjangkau memberikan daya tarik tersendiri pada mobil ini.

2. Toyota Kijang Innova 2005

Sejak Toyota membawa dimensi baru dari mobil legendaris Toyota Kijang menjadi Kijang Innova yang lebih premium, memang popularitas Kijang sebagai mobil terlaris tergantikan oleh Toyota Avanza. Namun hal tersebut tak membuat Kijang Innova kehilangan nama besarnya sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia.

Harga barunya memang menyentuh setengah miliar. Lalu mengapa tidak berpaling pada mobil bekas Kijang Innova yang lebih murah, tapi tetap bandel dan tahan lama? Konsumsi BBM yang irit dan tenaganya yang kuat di jalanan menanjak ketika membawa muatan penuh menjadi daya tarik terkuat mobil ini. Apalagi spare part Kijang Innova masih banyak tersedia.

Yang patut dipertimbangkan adalah versi bensin tak bisa dibilang lebih irit dibanding Kijang Innova Diesel. Belum lagi sistem keselamatan dan teknologi jauh ketinggalan zaman. Walaupun hal ini berdampak baik pada biaya servis yang terjangkau, mengingat mobil ini tak banyak membutuhkan penanganan kelistrikan maupun sistem canggih.

3. Suzuki SX4 2008

Di tengah SUV kompak atau disebut dengan crossover merajai pasar otomotif Indonesia, Suzuki sempat menjadi salah satu pelopor kehadiran SUV bersahaja namun tetap tangguh bersama Suzuki SX4. Pertama kali masuk tahun 2007, SX4 dipasarkan hingga 2012. Meski tak memiliki waktu lama, tapi popularitasnya terasa dari banyaknya mobil bekas SX4 di pasaran Tanah Air.

Desainnya maskulin layaknya model Suzuki di era akhir 2000-an. Mesinnya bandel dan ketangguhannya masih terasa hingga kini. Menggunakan body SUV, jangan heran jika ground clearance SX4 dibuat tinggi. Mobil ini cocok bagi keluarga yan berada di area pinggiran dengan kontur jalanan yang tak terlalu rata.

Di balik segala kelebihannya, SX4 tak banyak diminati karena konsumsi BBM yang terbilang boros, walau memang tipe SUV dikenal ‘minum’ BBM lebih banyak dibanding MPV. Performanya sebagai sebuah SUV juga tertinggal dibandingkan pesaingnya. Tapi untuk sekelas mobil keluarga, mau ngebut kemana?

4. Toyota Avanza 2011

Generasi terbaru memang jauh lebih modern dan menegaskan kesan premium. Daripada itu, generasi pertama tetap bisa diandalkan. Awal generasi kedua mobil ini sudah mencapai Rp 100 jutaan lebih. Model tahun terakhir generasi pertama, tepatnya Avanza 2011, bisa menjadi pilihan paling masuk akal untuk sebuah mobil di bawah Rp 100 juta.

Dengan harga pasaran di angka Rp 90 juta, pemilik Avanza berusia sedikit lebih dari 10 tahun ini sudah mendapatkan Low MPV yang kokoh dibawa di jalanan perkotaan maupun ke luar kota dengan kabin yang mampu menampung hingga 7 orang. Tentu saja perlu diperhatikan kondisi bangku baris ketiga yang tak terlalu nyaman untuk penumpang dewasa.

Tak sedikit yang mengeluhkan Avanza generasi pertama terlalu ringkih dengan kaki-kaki dan suspensi yang terasa keras. Tapi dibalik itu, nama besar Toyota membuatnya memiliki harga yang stabil meski tak lagi muda. Termasuk spare part yang mudah ditemui dengan bengkel resmi Toyota tersebar di seluruh pelosok negeri.

5. Nissan Grand Livina 2013

Tak ada yang bisa menampik bagaimana Nissan grand Livina pernah menjadi salah satu mobil terpopuler di Indonesia untuk tunggangan keluarga besar. Mulai dari ruang kabin yang lega, serta kenyamanan berkendara dengan MPV menengah milik Nissan ini menjadikannya salah satu mobil incaran pada masanya.

Tapi pasar saat ini lebih mementingkan mobil yang terjangkau. Sehingga Livina baru semakin ditinggalkan. Hanya saja hal tersebut tak membuat mobil bekasnya kehilangan pesona. Hanya dengan banderol sekitar Rp 75 jutaan, Grand Livina keluaran tahun 2013 bisa didapatkan.

Harganya memang turun cukup drastis dibandingkan pesaingnya. Mengingat nama Nissan saat ini masih kalah dibandingkan dengan model asal Jepang lain, semisal Toyota, Honda, hingga Suzuki. Peredaman kabin yang kurang kedap serta ground clearance yang rendah perlu diperhatikan. Namun selain itu, Grand Livina masih menjadi pilihan mobil bekas murah terbaik untuk keluarga saat ini.

6. Chevrolet Spin 2014

Sebagai penutup daftar rekomendasi mobil bekas murah untuk keluarga ada nama dari Amerika, Chevrolet Spin. Meski tak lagi dipasarkan di Indonesia, namun Chevrolet masih tetap populer di pasar jual beli mobil bekas Tanah Air berkat mesin yang bandel yang siap dibawa berkendara ke berbagai kondisi jalan.

SUV 7-seater ini sebelumnya banyak digunakan oleh mereka yang sering bepergian ke luar kota, atau sekadar untuk pengendaraan harian. Bantingannya empuk dengan efisiensi mesin yang terjaga. Apalagi ketika Anda membeli mobil bermesin diesel. Bodinya kokoh dengan kabin yang kedap. Ruang bagasi yang lapang patut dipertimbangkan.

Kekurangannya tentu saja terdapat pada spare part yang jauh lebih sukar ditemukan dibandingkan dengan nama lain di daftar ini. Tapi bagi Anda yang berada di kota besar, seharusnya bisa mendapatkan spare part pengganti dengan mudah. Harganya? Chevrolet Spin keluaran 2014 ini berada di angka Rp 85 juta hingga Rp 100 jutaan, tergantung kondisi mobil yang Anda temukan.

7. Wuling Confero 2018

Bosan dengan mobil tua yang berumur di atas 5 tahun hingga 10 tahun lebih? Maka rekomendasi kali ini ada Wuling Confero keluaran tahun 2008. Jauh lebih muda dari semua model yang ada di daftar ini, harga bekasnya saat ini berada di kisaran Rp 90 jutaan saja. Nama Wuling yang belum seterkenal pesaing Jepang menjadi alasan harganya yang terbilang murah.

Hanya saja Wuling Confero jauh dari kata murahan. Wuling memang datang untuk menepis semua stigma mengenai mobil China yang mudah rusak dan berbodi tipis bagaikan kaleng. Confero menyenangkan untuk dikendarai dengan segala teknologi dan kelengkapannya. Confero sendiri sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh 8 inci dengan konektivitas smartphone serta Remote Keyless Entry.

Memang tak bisa dipungkiri kualitas kabin tak sekokoh mobil premium. Termasuk dealer servis yang masih terbatas. Tapi jika dibandingkan dengan Avanza maupun Xenia, Confero bisa diadu. Ruang kabin yang lega serta kepraktisannya membuat mobil ini patut masuk ke dalam daftar antrian.

Temukan beragam mobil bekas terbaik lainnya di Cintamobil.com, situs jual beli mobil bekas termurah. Dapatkan beragam informasi terkini mengenai otomotif dan tips perawatan dan pengemudian mobil terlengkap untuk segala keinginan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil bekas trac
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top